Populer
Monday, 07 March 2016 | 00:00:59 WIB | 491 Pembaca

Empat Kabupaten Di Riau Dapat Bantuan Fasilitas Air Bersih Dari Chevron

chevron

Foto:Sebagian Masyarakat Di Empat Kabupaten Di Riau Teratasi Masalah Ketersediaan Air Bersihnya, Berkat Bantuan Yang Diberikan PT Chevron Pacific Indonesia

Portalriau.com – PEKANBARU - Lebih dari 3000 Kepala Keluarga (KK) di Riau dari empat Kabupaten (Bengkalis, Rokan Hilir, Siak dan Rokan Hulu) sekarang tidak kesulitan lagi mengakses air bersih untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bersama mitra pelaksana Dompet Dhuafa kembali mengadakan bantuan fasilitas air bersih dan mandi cuci kakus (MCK) untuk masyarakat di Kecamatan Pinggir. Program bertajuk "Air untuk kehidupan" merupakan salah satu perwujudan investasi sosial Chevron di bidang kesehatan.



Bertempat di RT 04 / RW 03 Dusun Jayamukti Desa Pinggir, Chevron menyerahkan bantuan ke Tasripan selaku ketua komunitas pengelola air RT 04/RW 03 yang selanjutnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari 700 KK di Pinggir. Serah terima turut disaksikan oleh Sumiran selaku ketua RW 03, tokoh masyarakat Pinggir dan pemangku kepentingan lainnya. 



Saat serah terima, Tasripan mewakili warga Pinggir, memberikan apresiasi terhadap Chevron atas bantuan sumur air bersih. "Dengan bantuan ini, kekurangan air sewaktu musim kemarau dapat terpenuhi. Selain itu, kelompok kerja pengelola komunitas siap bekerjasama untuk menjaga dan memelihara bantuan ini." ujar Tasripan.



Selaras dengan Tasripan, Sumiran mengucapkan terimakasih kepada Chevron atas sumur air bersih yang bisa bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat terutama saat musim kemarau. "Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat," tutur Sumiran. 



Mewakili manajemen Chevron, ditempat terpisah, Manager - PGPA Duri - Bekasap, Iwan Azof, berharap fasilitas air bersih dan MCK dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. "Kami menyadari pentingnya air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia. Oleh karenanya, Chevron membantu masyarakat dalam pembangunan sumur air bersih dan MCK agar mereka tidak kesulitan lagi mengakses air bersih," jelas Iwan.



Iwan menambahkan, minggu lalu Chevron juga melaksanakan program yang sama untuk Kelurahan Lembah Damai,Kecamatan Rumbai Pesisir. Bulan lalu, program serupa juga diadakan untuk Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diantaranya: Kepenghuluan Sungai Rangau di Kecamatan Rantau Kopar dan Kepenghuluan Pematang Ibul, Kepenghuluan Bangko Bakti, Kepenghuluan Bangko Permata di Kecamatan Bangko Pusako. Di Kabupaten Siak, penerima manfaat berada di Desa Pinang Sebatang Barat, Desa Minas Timur dan Desa Sukaramai. Dalam waktu dekat, Chevron juga berencana menyerahterimakan bantuan air bersih di wilayah Sontang, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kota Dumai. 



Bantuan pembuatan sumur bor dan MCK sudah menjadi perhatian Chevron dan SKK Migas sejak beberapa tahun lalu. Bantuan umumnya berupa pengeboran sumur air, perbaikan sanitasi melalui pembuatan toilet, dan pembuatan tempat wudhu untuk prasarana ibadah yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari. Hingga saat ini, lebih dari 20 program bantuan pengadaan air bersih telah dimanfaatkan masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar operasional perusahaan. (DPR)

Berita Lainnya