2015, Bengkalis Harus Zero Hotspot

Portariau.com - BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis menargetkan pada tahun 2015, tidak terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan. Dengan demikian tidak lagi ditemukan titik api alias zero hotspot di daerah ini.

            Demikian diungkapkan Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno saat membuka rapat rencana kontijensi, di Marina Hotel Bengkalis, Senin (8/12). Diungkapkannya,  untuk mencapai target ini, berbagai upaya telah dilakukan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya, rapat rencana kontijensi yang diikuti oleh stakeholder, pelaku usaha dan organisasi kemasyarakatan.

“Kegiatan rencana kontijensi, guna mengantisipasi dan penanganan bencana kebakaran hutan. Dari hasil rapat kontijensi ini, nantinya, akan menghasilan sebuah rumusan dan rekomendasi terkait prosedur tetap maupun job description (pembagian tugas) tim penanggulangan bencana di Kabupaten Bengkalis. Hal ini sangat diperlukanagar upaya penanggulangan bencana dapat terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh,” ungkap Suayatno.

Kegiatan rencana kontijensi berlangsung selama lima hari, yang diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang. Setelah rapat rencana kontijensi ini, dilakukan gladi penanggulangan bencana yang membutuhkan 400 peserta.

Untuk mencapai zero hotspot dibutuhkan komitmen dari masyarakat dan pihak pelaku usaha terutama pemilik konsensi bidang perkebunan maupun hti, menjaga dan mengawasi lahan miliknya agar bebas kebakaran. Zero hotspot, juga dapat terwujud, jika masyarakat pemilik lahan menerapkan pola pembukaan lahan tanpa bakar atau zero burning.

Diakui, untuk memberikan pemahaman masyarakat agar menerapkan pola zero burning, tidak segampang membalikan telapak tangan.Karena menyangkut dengan  pola pikir sebagian masyarakat, yang menganggap pola membuka lahan dengan membakar, merupakan cara praktis dan ekonomis. Hal ini, tentu butuh keseriusan stakeholder untuk lebih gencar melakukan sosialisasi.

Dikatakan Suayatno, terpenting dalam, pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan, penegakan hukum harus menjadi skala prioritas. Siapa pun yang melakukan pelanggaran dalam hal bencana kebakaran hutan dan lahan, baik itu perusahaan maupun perorangan, harus ditindak tegas, sesuai ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, untuk mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan, Pemkab Bengkalis gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama terkait dengan penegakah hukum dan kesadaran agar membuka lahan tanpa bakar (zero burning).Mengingat, sebagai besar masyarakat belum memahami dan selalu mengabaikan tentang ancaman hukuman membakar hutan dan lahan.

Kemudian, Pemkab juga menerapkan sistem pengelolan tata kelola air di lahan gambut, melalui sistem blocking kanal dan pembuatan embung penampungan air. “Kedepan, saya telah mengintruksikan kepada desa melalui alokasi dana desa (add) untuk membuat embung-embung air, terutama di desa yang selama ini dikenal rawan kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya

Disamping, membangun embung penampungan air, melalui ADD, pihak pemerintahan desa juga harus menyiapkan biaya operasional bagi masyarakat peduli api (MPA) dan masyarakat peduli bencana (MPB). Tentu dana yang disediakan, hanya diperuntukan bagi biaya tanggap darurat bencana. (MPR/ADV/rilis Humas)

Berita Terkait

PHR Pastikan Produksi Migas Blok Rokan Tetap Produktif, Meski Sempat Diterjang Banjir

Portalriau.com-;PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berupaya dalam meningkatkan produksi minyak dan gas (migas) di Wilayah Kerja (WK) Rokan. Meski sempat terdampak banjir pada awal…...

Zaid Harahap Ingatkan ASN Untuk Lebih Disiplin

Labuhanbatu, Portalriau.com- Zaid Harahap, S.Sos., MM., selaku asisten III Sekdakab Labuhanbatu mengingatkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil di Jajaran Pemkab Labuhanbatu untuk lebih meningkatkan disiplin…...

Hari Kartini, PHR Junjung Tinggi Kesetaraan dalam Berkontribusi Bagi Negeri

PEKANBARU, 22 April 2024 – Hari Kartini yang diperingati pada tanggal 21 April setiap tahunnya menjadi momen penting bagi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk…...

Bupati Kasmarni Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai

DUMAI - Bupati Bengkalis Kasmarni menghadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-42 Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai. Pembukaan dilaksanakan di Taman Bukit Gelanggang Dumai,…...

Harapkan Kembali Juara Umum, Bupati Kasmarni Beri Motivasi 68 Peserta Kafilah Bengkalis di Dumai

DUMAI - Untuk memberikan semangat dan motivasi Bupati Bengkalis Kasmarni, menyambangi seluruh peserta Kafilah Kabupaten Bengkalis, pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau, di penginapan Hotel…...