Monday, 10 April 2017 | 16:25:42 WIB | 415 Pembaca

Bhabin Desa Bumbung Aktif Sosialisasikan Surat Edaran Maklumat Kapolda Riau, Larangan Membakar Lahan

peristiwa

Foto:

PORTAL RIAU, MANDAU, Portalriau - Bhabin Kamtibmas Bumbung, Kecamatan Mandau ( Bengkalis ) sampaikan Himbauan  Surat Edaran Maklumat Kapolda Riau tentang Larangan Membakar Lahan dan Hutan.

Sesuai Surat Edaran tertanggal 13 Januari 2017,  An.Kapolda Irjen Drs. Zulkarnain bahwa, Sanksi Hukum UU NO 41. Thn1999 tentang Kehutanan dan UU NO.39 Thn 2014 tentang Perkebunan dan UU NO.32 Thn 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,menjabarkan Sanksi yang cukup jelas, bahwa pelanggaran akan dikenakan Paling singkat 3 Tahun pidana Penjara dan paling lama 10 Tahun atau Denda 3 - 10 Miliar Rupiah.

Bhabin Kamtibmas Desa Bumbung Aiptu Yarman Batee, mewakili Kapolres Bengkalis AKBP dan sesuai Petunjuk Kapolsek Mandau Kompol Riki Ricardo menyampaikan, sesuai Maklumat Kapolda ditindaklanjuti jajaran, agar seluruh Masyarakat sangat dilarang membakar Lahan dan Hutan.Bila ada Warga  membakar sampah agar tetap dijaga," sanksi sudah cukup jelas dan sudah di sosialisasikan, jangan sampai ada warga berurusan dengan hukum," terang Kapospam.

Lanjut Bhabin Yarman Batee, selain penyampain isi surat edaran, agar menghimbau Warga bergotong Royong dengan membuat Kanal Bloking, mengantisifasi dan menjaga kelembaban lahan,Juga melaporkan bila ditemukan titik api, hal ini demi kepentingan bersama,  " jauh jauh hari sudah ada beberapa Kanal Bloking, dan tetap diawasi bersama, " jelas Bhabin Yarman, saat membagikan surat edaran pada Masyarakat.( Senin, 10/04/2017 )

Sampai saat ini untuk Wilayah Bhabin Desa Bumbung dalam keadaan aman dari Karhutla maupun Karlahut. ( DPR )