Monday, 08 January 2018 | 14:30:19 WIB | 199 Pembaca

Bupati Bengkalis Meresmikan PKS PT. Semunai Sawit Perkasa 

pemerintahan

Foto:

PINGGIR (Portalriau.com) - Masyarakat yang ada di Kecamatan Pinggir terkhususnya dan umumnya Kabupaten Bengkalis merasa bahagia pasalnya dengan kondisi perekonomian yang sedang melemah saat ini ada salah satu Perusahaan yang bergerak dalam bidang sawit yang buka di Desa Semunai.

 

Tentu dengan buka nya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Semunai Sawit Perkasa membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Kecamatan Pinggir terkhususnya dan umumnya Kabupaten Bengkalis serta menggenjot PAD Daerah.

 

Pada hari ini Senin (8/1/17) Bupati Bengkalis Amril Mukminin sudah resmi meresmikan PKS PT. Semunai Sawit Perkasa (SSP) dan langsung menandatangani prasasti tanda dibukanya atau resmi berjalannya perusahaan yang bergerak dalam bidang sawit ini.

 

Kepala Desa Semunai Umar B mengatakan Kita sangat berharap Perusahaan sawit PT. Semunai Sawit Perkasa (SSP) ini bisa berjalan dengan baik dan terus berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa agar terjalinnya kerjasama yang baik,” kata Kepala Desa Semunai Umar B.

 

“Memang kehadiran PT. SSP ini di Desa Semunai membantu masyarakat terkhususnya yang ada di Desa kami ini untuk mencari rezeki karena pekerja di perusahaan hampir rata-rata masyarakat yang ada disini dan ada juga pekerja nya dari luar Desa Semunai,” jelasnya.

 

Sementara itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin Mengatakan Kehadiran Perusahaan Sawit milik SSP ini tentu akan memberikan dampak positif bagi masyarakat di Daerah beserta sekitarnya, Insyaallah keberadaan pabrik ini akan memberikan Multi Player Effect bagi pertumbuhan ekonomi diantaranya akan tercipta kesempatan kerja bagi masyarakat Tempatan dan akan lebih kompetitifnya harga sawit setempat,” ujar Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang mantan Anggota DPRD Bengkalis Tiga periode dari Fraksi Partai Golkar.

 

“Begitu juga akan muncul tempat-tempat usaha seperti membuka kios makanan beserta minuman, jasa transportasi, jasa pengelasan, perbengkelan, dan jasa perbankan dengan demikian In Come atau pendapatan masyarakat tempatan akan bertambah banyak. Sudah tentu tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat pula,” jelasnya.

 

Bupati Amril menambahkan Disamping itu jika dengan beroperasinya Pabrik Kelapa SSP maka akan meningkatkan daya tawar harga jual Tanda Buah Segar (TBS) bagi petani sawit, sehingga petani sawit akan punya banyak pilihan dimana akan dijualnya buah sawit. Kita tahu bahwa selama ini petani selalu berada pada posisi daya tawar lemah karena pengaruh jarak tempuh ke Pabrik semakin dekat sehingga sehingga ongkos transportasi pengiriman menjadi lebih murah dan keuntungan petani akan semakin meningkat juga,” jelasnya.

 

“Kami minta kepada perusahaan agar menjalin kemitraan yang harmonis dengan para petani sawit dan masyarakat sekitar pabrik. Kami berharap juga pihak perusahaan bisa mengeluarkan Dana CSR (Coorporate Social Responsibilty) misalnya memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar Pabrik serta melakukan pembinaan kepada petani dari mulai pembibitan, pemupukan, maupun pemanfaatan teknologi sehingga diperoleh produktivitas sawit yang memuaskan langkah ini penting guna menjaga dan menjamin ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan. Intinya antara perusahaan dengan petani tercipta hubungan yang saling menguntungkan,” pungkasnya.***

 

Acara peresmian PT. Semunai Sawit Perkasa (SSP) ini juga dihadiri Camat Pinggir, Camat Talang Muandau, Camat Bathin Solapan, MPC Pemuda PANCASILA  Bengkalis  . PAC PP Pinggir. Sejumlah Anggota DPRD kabupaten Bengkalis, Plt. Kadis Perkimtan Bengkalis Gendrayana Rohaini, beserta Sejumlah Kepala Dinas dilingkungan Pemkab Bengkalis lainnya, dan Ketua PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril.***DPR.