Thursday, 28 December 2017 | 09:17:12 WIB | 98 Pembaca

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

pemerintahan

Foto:

Mandau,Portalriau.com-Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial dan Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Rumah di Desa Tengganau Kecamatan Pinggir, Kamis, (28/12/2017) Siang.

Bantuan tersebut langsung diserahkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin kepada Pendi selaku korban,warga Desa Tengganau juga diserahkan bantuan yang sama kepada Andi warga desa Beringin Kecamatan Tualang Muandau yang mana rumahnya juga hangus terbakar pada 24 Desember yabg lalau.Kemudian Asychari Azwar warga Dusun Jaya Mukti Kecamatan Pinggir, juga musibah kebakaran tempat ibadah pada tanggal 10 Desember 2017.

Sedangkan kebakaran yang menghanguskan rumah Andi yang berukuran 7 x 10 meter di Desa Tengganau Kecamatan Pinggir tersebut terjadi pada Senin, 22/12/2017 malam sekitar pukul 22.00 WIB.Menurut kerterangan korban, dia sedang tidak berada dirumah ketika musibah terjadi. karena membawa anaknya berobat ke Rumah Sakit Permata Hati Duri Kecamatan Mandau dan langsung menginap di rumah orang tuanya di Desa Balai Pungut Kecamatan Pinggir.

"Setelah mendapat informasi dari warga, dirinya langsung menuju ke rumah tapi api telah menghanguskan rumahnya karena arus pendek listrik.Semuanya habis terbakar uang yang disimpan di rumah pun habis terbakar," ujarnya dengan nada sedih.

"Saya merasa berayukur, gembira, bangga, bahagia, dan terharu mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, hanya Allah yang dapat membalas semua ini" paparnya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan musibah yang tak dapat terelakkan, semoga korban tabah menerimanya, dan bisa menambah ketakwaan kepadaNya. Bantuan ini, imbuh Amril, merupakan Komitmen Pemerintah kepada masyarakat yang terkena musibah, dan bisa membantu dan meringankan beban korban.
"Kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban para korban dan semoga ini bisa bermanfaat bagi para korban," imbunya.

Selanjutnya dia juga mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena itu dapat menyebabkan kabut asap apalagi Riau, khususnya Kabupaten Bengkalis sangat rentan dengan bencana Kebakaran hutan danlahan.
"Melihat situasi cuaca saat ini tidak menentu, kalau panas sering terjadi kebakaran, kalau musim hujan akan banjir. Kepada warga Desa Tengganau jangan membuka lahan dengan cara membakar, karena selain mendapat sanksi yang berat juga akibat dari kebakaran tersebut sangat fatal," pesan Amril.

Adapun bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis kepada korban kebakaran rumah berupa sembako danbantuan logistik.Terlihat hadir selain Bupati Bengkalis,Asisten Asdminstrasi Umum, H TS Ilyas, asisten Prekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah, H Jaafar Arief, dan sejumlah pejabat lainnya.***Rls/DW