Populer
Friday, 12 May 2017 | 11:59:15 WIB | 377 Pembaca

Danramil 10/Kds Menghadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Penanggulangan KARHUTLA Se-Kec Bonai Darussal

karhutla

Foto:

PORTAL RIAU, Sontang (09/05/2017) - Antisipasi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rohul sebanyak 10 perusahaan ikuti pelatihan yang dipusatkan di PT. Bina Daya Bentala (BDB) Distrik Jurong, hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan perusahaan dalam menghadapi kebakaran lahan ditahun 2017.  Pada tahun 2016 Kabupaten Rohul merupakan salah satu daerah yang terjadi kebakaran lahan dan hutan terutama di Kecamatan Bonai Darussalam,  berdasarkan pengalaman 2016 lalu untuk tidak terulang kembali di Kecamatan Bonai Darussalam melakukan pelatihan penaggulangan kebakaran lahan dan hutan.

 

Pelatihan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan ini juga diikuti oleh beberapa perusahaan diantaranya PT. APSL atau ANDIKA, PT.GRAHA, PT. RAS, PT.  SSP, PT. GSI, PT. FIS2, PT. RAKA dan PT. HUTAHAEAN. Kegiatan ini dihadiri oleh Danramil 10/Kds Kapten Czi Sudarmaji, Camat Bonai Darussalam Setyono, Kapolsek Bonai Darussalam Iptu Ali Amran dan masing-masing perwakilan dari perusahaan. Danramil Kunto Darussalam Kapten Czi Sudarmaji ‎menjelaskan, perusahaan harus siap baik personil maupun peralatan. Pasalnya, karlahut bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk di kecamatan Bonai. "Ya kita melihat, perusahaan yang lengkap peralatan pemadam karlahut yang terlengkap ada pada BDB distrik Jurong ini, dan ini perlu di contoh oleh perusahaan lainnya," Harapnya.

 

Sementara itu penyelenggara pelatihan karlahut dipusatkan di PT. BDB Distrik Jurong yang juga sebagai penyelenggara pelatihan penanggulangan Karlahut Kepala Unit Distrik Jurong Zulkifli mengungkapkan persiapan kami di perusahaan dalam menghadapi kebakaran lahan dan hutan sudah matang serta didukung berbagai peralatan canggih. Pasalnya berdasarkan pengalaman tahun 2016 dimana Kecamatan Bonai Darussalam sempat menjadi sorotan dengan terjadinya kebakaran lahan dan hutan tersebut. Untuk antisipasi kebakaran kembali terjadi kami dari perusahaan sudah memiliki peralatan canggih dalam pemadaman, bahkan kita juga sudah memimiliki alat pendingin ketika kebakaran terjadi dilahan gambut dan alat ini mampu mengurangi tenaga manusia berkisar 30 orang " Jelas Zulkifli ". Intinya tahun 2017 perusahaan PT. BDB jika terjadi kebakaran terutama dilingkungan perusahaan sendiri,  kami  sudah siap menangani. " Ucap Zul.

 

Sedangkan Camat Bonai Darussalam, Setyono sangat mengapresiasi kesiapan dari pihak perusahaan dalam menghadapi bencana kebakaran lahan dan hutan terutama dilingkungannya sendiri. Kami sebagai pemerintah Kecamatan Bonai Darussalam tentu sangat mendukung penuh persiapan dari perusahaan-perusahaan dalam menghadapi Karlahut yang terjadi di sektor masing-masing " Terang Setyono ".(DPR)