Saturday, 24 September 2016 | 13:45:18 WIB | 380 Pembaca

MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun ini Istimewa dengan Keindahan Pantai

RUPAT UTARA - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat kabupaten Bengkalis yang digelar di kecamatan Rupat memiliki keistimewaan tersendiri, baik itu bagi seluruh kafilah maupun masyarakat kecamatan Rupat Utara.

Selain sebagai upaya untuk membumikan dan mensyi’arkan Al-qur’an, MTQ ke-41 ini, merupakan MTQ tingkat kabupaten Bengkalis yang pertama, yang dilaksanakan di kecamatan Rupat Utara, yang merupakan salah satu laman terdepan negara kesatuan republik Indonesia, yang juga merupakan kawasan wisata kabupaten Bengkalis dan provinsi Riau.

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Bengkalis, H Arianto saat menghadiri acara malam ta'aruf sekaligus melantik majelis dan dewan hakim MTQ, Jum'at (23/09/2016) malam.

"Selamat datang kepada seluruh kafilah. Kami percaya, selama berada di Rupat Utara ini, para kafilah juga dapat menyempatkan diri untuk menikmati pesona keindahan pantai Rupat, dengan hamparan pasir putih dan hembusan angin serta deburan air laut selat Malaka. Mudah-mudahan, suasana yang demikian, semakin memperteguh dan memperkuat komitmen kita, untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas syi’ar nilai-nilai Al-quran" katanya.

Terkait malam ta’aruf, Arianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sarana perkenalan peserta MTQ yang syarat dengan makna kebersamaan. Untuk itu, selain sebagai bentuk penghormatan kepada para kafilah, momentum ini juga sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah islamiyah.

Selain itu, malam ta’aruf ini juga menjadi simbol hidup damai yang terajut erat, rukun dan harmonis dalam bingkai toleransi.

"Semoga momentum yang berharga ini benar-benar semakin membawa kedamaian bagi kita semua. Menjadi pendorong terjadinya pembaharuan sikap mental, moralitas dan perilaku masyarakat untuk secara sadar tetap berpegang teguh pada tuntunan dan nilai-nilai ajaran agama Islam", jelasnya.  

Kemudian, sambung Arianto, untuk para kafilah dari kecamatan yang telah mempersiapkan diri dan berlatih secara maksimal untuk meraih prestasi terbaik. Namun, keinginan untuk menjadi juara, jangan sampai mengaburkan niat dan tujuan utama dalam pemahaman, penghayatan dan kecintaan umat islam terhadap Al-qur'an.

"Karena itu, pada kesempatan ini juga kami ingin menyampaikan beberapa pesan, pertama, bagi peserta untuk menjaga stamina dan kesehatan, hati-hati dalam mengkonsumsi makanan selama MTQ ini berlangsung. Karena, keadaan fisik yang sehat akan mudah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diikuti" pesan ketua harian LPTQ kabupaten Bengkalis ini.

Kemudian, imbuhnya kedua, kepada official dan pelatih agar mendampingi dan memberikan bimbingan pada peserta; dan,
Ketiga, untuk memeriahkan MTQ ke-41 ini, kami minta agar panitia MTQ maupun aparatur pemerintah untuk menghimbau masyarakat agar menyaksikan setiap kegiatan perlombaan yang diselenggarakan.

Selain Plt. Sekda H Arianto, juga hadir Camat Rupat Utara Agus Sofyan, ketua umum MTQ ke-41 tingkat kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra, dewan hakim dan majelis hakim, dan puluhan peserta MTQ se-kabupaten Bengkalis.(dpr/bam)