Wednesday, 14 December 2016 | 18:34:49 WIB | 623 Pembaca

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis Menargetkan Perekonomian Akan Semakin Baik Dan Meningkat

birokrasi

Foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Ketua DRPD Bengkalis H Heru Wahyudi didampingi Wakil Ketua Zulhelmi dan Kade Rismanto, saat acara penyampaian pengantar nota keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis

Portalriau.com - BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, pada tahun 2017 ada 7 (tujuh) prioritas pembangunan di daerah ini. Ketujuh prioritas tersebut adalah pemantapan birokrasi dan kelembagaan daerah yang profesional dan berintegritas peningkatan kualitas sumber daya manusia pengembangan budaya dan agama serta  pengelolaan sumber daya alam dan penguatan perekonomian daerah.

 

“Serta, pemberdayaan masyarakat, usaha kecil mikro menengah, pariwisata dan ekonomi kreatif pengelolaan lingkungan hidup dan mitigasi bencana; dan peningkatan dan perluasan akses infrastruktur,” jelas Amril.

 

Amril menjelaskan itu ketika menyampaikan pengantar nota keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis tahun 2017.

 

Pengantar nota keuangan dan Ranperda APBD tersebut disampaikan Amril dalam Sidang Paripurna DPRD Bengkalis. Sidang paripurna yang dipimpim Ketua DPRD Bengkalis H Heru Wahyudi dan dimulai sekitar pukul 17.30 WIB itu, dihadiri 24 anggota DPRD.

 

Kata Amril, melalui ketujuh prioritas pembangunan itu, pada tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menargetkan perekonomian akan semakin baik dan tumbuh sebesar 7,50 persen.

 

Pertumbuhan ekonomi ini, imbuhnya berbanding lurus dengan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran, dimana masing-masing ditargetkan sebesar 6,89 persen dan 7,25 persen.

 

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ditargetkan berada pada poin 70,98. Sedangkan Incremental Capital Output Ratio (ICOR) atau tambahan kapital (investasi) baru yang dibutuhkan untuk menaikkan/menambah satu unit output, ditargetkan tumbuh sebesar 4,82.

 

“Target-target tersebut merupakan target rasional dengan pertimbangkan bahwa dengan adanya berbagai paket kebijakan ekonomi yang ditetapkan pemerintah stabilitas ekonomi nasional tetap terkendali meskipun berfluktuatif,” paparnya.

 

Dari Pemkab Bengkalis, terlihat hadir dalam sidang paripurna tersebut diantaranya Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto, Kepala Bappeda H Jondi Indra Bustian, serta hampir seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

 

Sedangkan dari DPRD Bengkalis, Wakil Ketua DPRD Bengkalis ikut mendampingi Heru mempimpin sidang paripurna tersebut Wakil Ketua dari Partai Keadilan Sejahtera, Zulhelmi, dan dari PDI Perjuangan Kade Rismanto. (DPR)