Thursday, 15 September 2016 | 19:24:24 WIB | 459 Pembaca

Persiapan MTQ ke-41 Capai 75 Persen

MTQ

Foto:

Rupat Utara - Lebih kurang 9 hari, perhelatan MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2016 dibuka. Panitia pelaksana memastikan hingga Kamis (15/9/2016) sudah mencapai 75 persen.

            Setelah kita lihat tadi, persiapan kita semuanya sudah hampir 75 persen. Kekurangan ini tinggal menunggu selesainya astaka. Kalau masalah administrasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, panitia sejauh ini sudah melaksanakannya dengan maksimal dan tanpa kendala," Ketua Umum Panitia MTQ, H Heri Indra Putra saat rapat finalisasi MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Kamis (15/9/16).

Dijelaskannya, sebelum pembukaan MTQ ke 41, pada Jumat malam (23/9), panitia mengadakan malam ta'aruf antar khafilah. Kegiatan ini nantinya akan dilakukan di Halaman Astaka Kantor Camat Rupat Utara.

Kemudian, lanjutnya, Sabtu siang dilanjutkan dengan kegiatan pawai ta'aruf yang diikuti seluruh khafilah, sekolah-sekolah dan Masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya masyarakat Kecamatan Rupat Utara/sekitarnya dengan rute dimulai dari lapangan bola volly simpang empat Jalan Riau dan berakhir di stadion Sepak Bola Desa Tanjung Medang Kecamatan Rupat Utara.

"Pada malam pembukaannya nanti, kita juga telah mengundang bapak Gubernur, Kakanwil Kemenag, Ketua MUI provinsi, dan tokoh-tokoh penting lainnya untuk menyaksikan langsung pembukaan itu nanti," katanya.

"Kita juga berharap masyarakat ikut bersama menyaksikan dan memeriahkan serta mensukseskan MTQ tahun ini. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan MTQ tahun ini, kita semua bisa lebih termotivasi untuk membudayakan magrib mengaji, agar Kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini selalu dicucuri rahmad dan ridho Allah SWT. untuk tercapainya Bengkalis sebagai daerah yang maju dan bertamadun Islam," jelas Heri.

Hal ini, sambungnya, sesuai dengan tema MTQ ke-41 tahun 2016 ini, yaitu, "melalui MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2016 kita jadikan Al-Qur'an sebagai Landasan Spiritual untuk Membangun Kehidupan yang Bermakna dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Bengkalis yang Religius, Maju dan Makmur.”

Sementara itu, Sekretaris LPTQ Kabupaten Bengkalis Ismail, menyatakan, pada MTQ ini, hanya memperlombakan 7 cabang yakni, cabang tilawah al-Qur’an yang meliputi golongan tartil, golongan anak-anak, golongan remaja, golongan dewasa, qira’at  sab’ah dan golongan cacat netra. Kemudian cabang Hifdzil al-Qur’an, yang meliputi tahfiz Alquran 1 juz dan tilawah, tahfiz Alquran 5 juz dan tilawah, tahfiz Alquran 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Selanjutnya cabang  Tafsir al-Qur’an yang meliputi golongan Bahasa Arab (Putera dan Puteri), Juz 6 beserta hafalan 30 Juz, golongan Bahasa Indonesia (Putera dan Puteri) Juz 10 beserta hafalan 30 Juz, golongan bahasa Inggris (Putera dan Puteri) Juz 8 beserta hafalan Juz 1 s/d Juz 12.

Kemudian cabang fahmil Quran dengan sistem regu, di mana masing-masing regu 3 sampai 4 regu, cabang syarhil Quran dengan sistem regu, cabang Khattil Qur’an meliputi golongan naskah, golongan Hiasan Mushaf, golongan Dekorasi, dan golongan kontemporer, selanjutnya cabang Musabaqah menulis karya ilmiah al-Qur’an .(dpr/adi)