Populer
Monday, 22 August 2016 | 12:10:52 WIB | 317 Pembaca

Sekretaris Daerah H Arianto meminta tingkatkan kreativitas koperasi

Ekonomi

Foto:Plt Sekretaris Daerah H. Arianto memotong pita pembukaan bazar koperasi sempena Hut Koperasi ke-69 tahun 2016

Bengkalis-Dalam pengarahan Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah H. Arianto koperasi menjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat. melalui koperasi, kita mampu membangun kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa tergantung pada pihak asing.

sempena peringatan Hari Koperasi ke-69 tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di Lapangan Tugu, Kamis (22/8/2016).

Hal ini menunjukan bahwa sejak lahirnya gerakan koperasi hingga detik ini masih sangat relevan untuk mendongkrak perekonomian.’’unkap Sekda

Apa lagi tema peringatan hari koperasi ke-69 tahun 2016 ini, adalah “reformasi koperasi mewujudkan ekonomi berdikari”. tema ini kami nilai penting, strategis dan relevan untuk memajukan koperasi.

Untuk itu, melalui kesempatan peringatan hari koperasi ke-69 ini, kami mengajak para pembina, pengurus, pengelola, seluruh anggota koperasi di daerah, untuk berpartisifasi dalam reformasi total koperasi sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

Pada peringatan yang ke-69 tahun 2016 ini, kondisi koperasi di kabupaten bengkalis belum membanggakan, karena dari total koperasi sebanyak 871 koperasi, setengahnya atau sekitar 51,89 persen atau sebanyak 452 koperasi merupakan koperasi aktif. Namun dari total itu, sebanyak 29,87 persen atau 135 koperasi yang benar-benar menjalankan kewajiban sebagaimana diamanahkan anggaran dasar/anggaran rumah tangga, yakni rapat anggaran tahunan.

Melihat perkembangan koperasi di kabupaten bengkalis saat ini, tentu menjadi tantangan yang harus kita hadapi. Untuk itu, kami minta agar dinas koperasi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) untuk bergerak cepat dan melakukan berbagai inovasi serta terobosan, guna memajukan koperasi di daerah ini. Seperti, menertibkan sejumlah koperasi yang hanya tinggal nama atau koperasi yang tidak aktif.

Terlebih lagi, kementerian koperasi umkm republik indonesia telah meluncurkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) terhadap koperasi aktif, sehingga memudahkan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap koperasi yang ada.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi dinas koperasi UMKM Kabupaten Bengkalis, sehingga koperasi sebagai suko guru perekonomian indonesia benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh elemen di negeri junjungan yang sama-sama kita cintai ini.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui satuan kerja perangkat daerah serta bekerjasama dengan stakeholder terkait, akan terus hadir dan berkomitmen untuk membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program, seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, kewirausahaan, peningkatan akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, manajemen dan teknologi informasi.

Terkait pelaksanaan bazar/pameran produk unggulan koperasi dan ukm. kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan khususnya koperasi dan UMKM di Kabupaten Bengkalis. melalui bazar/pameran produk unggulan ini,

Di akhir sambutannya Sekretaris Daerah H. Arianto meminta meningkatkan kreativitas para pelaku usaha dalam mengembangan usaha dan produk unggulan, kemudian sebagai ajang promosi dan membuka peluang bisnis bagi pelaku usaha.(dpr/adv/bam)