Tuesday, 13 September 2016 | 13:36:03 WIB | 596 Pembaca

Tumbuh Kembangkan Semangat Berbagi, SDN 1 Bengkalis Sembelih Hewan kurban

Idul Adha

Foto:Kepala Sekolah SDN 1 Nurzairina bersama majelis guru dan murid menyaksikan penyembelihan hewan kurban, Selasa (13/9/2016).

BENGKALIS – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 H benar-benar dijadikan salah satu momentum oleh keluarga besar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bengkalis untuk menumbuh kembangkan semangat berbagi sejak dini kepada siswa-siswinya.

Untuk itu, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada Idul Adha 1437 ini, keluarga besar sekolah yang beralamat di Jalan Sri Pulau, Kecamatan Bengkalis itu, kembali melaksanakan pemotongan atau penyembelihan hewan kurban.

Kepala SD Negeri 1 Bengkalis, Nurzairina, menjelaskan, pelaksanaan kurban yang setiap tahun dilaksanakan di sekolah yang dipimpinya itu, merupakan hasil kerja sama pihak sekolah dan orang tua murid.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pihak sekolah untuk menanamkan pesan moral dan kemuliaan akhlak yang ditauladankan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS sejak dini kepada seluruh pelajar di SD Negeri 1 Bengkalis,” ujarnya, sebelum penyembelihan dilakukan, Selasa (13/9/2016).

Masih kata Nurzairina, apa yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS kepada anaknya Ismail AS tersebut, merupakan bukti bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk menanamkan kemuliaan akhlak sejak dini.

“Dan hal ini pula yang coba kita implementasikan melalui penyembelihan hewan kurban di sekolah ini setiap tahunnya,” jelasnya.

Katanya lagi, nilai-nilai yang diharapkan dapat dipetik, tertanam, tumbuh dan berkembang serta senantiasa terpupuk pada diri para pelajar di SD Negeri 1 melalui pelaksanaan kurban ini, diantaranya ketulusan dan keikhlasan untuk berbagi.

“Tentunya juga semangat kebersamaan tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya. Baik itu antar sesama siswa, maupun antara pelajar SD Negeri 1 dengan masyarakat lainnya," paparnya.

Ditambahkannya, untuk Idul Adha 1437 H ini, jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak sapi 3 ekor dengan peserta 21 orang terdiri dari majlis guru dan para murid/orang tua murid. Kemudian, kambing 2 ekor dengan peserta kurban 2 orang.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua murid yang telah berpartisipasi memberikan bantuan sehingga terselenggaranya pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut.

"Semoga kerjasama yang telah terbina baik antara pihak sekolah dan orang tua murid ini, ke depan dapat dipertahankan dan semakin ditingkat, sehingga di tahun-tahun mendatang saat perayaan Hari Raya Idul Adha, kuantitas hewan kurban di sekolah ini jumlahnya dapat bertambah," harapnya.

Menurut Nurzairina, daging kurban 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang disembelih itu, akan dibagikan siswa miskin atau yatim piatu yang ada di sekolah tersebut. Serta, dan masyarakat yang berhak menerimanya yang berdomisili sekitar SD Negeri 1 Bengkalis tersebut.(dpr/adi)