Populer
Thursday, 07 July 2016 | 08:50:52 WIB | 551 Pembaca

Bupati H Yopi Arianto Shalat Idul Fitri di Stadion Narasinga Rengat

Inhu-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto menggelar Shalat Idul Fitri 1437 H di Stadion Narasinga Rengat bersama ribuan warga. Bagi Bupati Yopi, Idul Fitri 1437 H ini merupakan yang pertama semenjak ia dilantik kembali sebagai Bupati Inhu pada tanggal 17 Februari 2016 lalu.

Bertindak sebagai khatib pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1437 H di Stadion Narasinga Rengat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Inhu H Abdul Kadir, sedangkan Iman Jumadi.

Usai melaksanakan Shalat Idul Fitri, Bupati H Yopi Arianto langsung menggelar open house di Pendopo Rumah Dinas Bupati Inhu Jalan Ahmad Yani Rengat.Open house yang dilaksanakan dari pagi hingga petang ini dihadiri para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, ribuan masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk dari tokoh lintas agama.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu H Khairizal menggelar Shalat Idul Fitri 1437 H di halaman Kantor Bupati Inhu, Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat. Di tempat ini, betindak sebagai Khatib Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Inhu, Tengku A Wahab.

Dalam sambutan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Bupati H Yopi Arianto menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Inhu. “Mari kita jadikan momentum IdulFitri yang suci ini untuk saling membuka pintu maaf atas segala kesalahan antar sesama, kita buang perasaan dendam, kita sirnakan keangkuhan dan kita ganti dengan hati yang suci serta senyum sapa yang tulus penuh dengan persaudaraan sertasilaturahmi antar sesama,” ucapnya.

Bupati Yopi juga menyampaikan bahwaHari Raya Idul Fitri 1437 H ini merupakan yang pertama baginya semenjak dilantik kembali sebagai Bupati Inhu pada tanggal 17 Februari 2016. Dalam kurun waktu hampir lima bulan, bersama Wakil Bupati dan jajaran, ia telah melaksanakan sejumlah agenda penting diantaranya, penyusunan RPJMD tahun 2016-2021 sebagai penjabaran dari visi dan misi kepala daerah terpilih.

Kemudian akibat turunnya harga minyak dunia yang berdampak terhadap menurunnya penerimaan daerah melalui dana bagi hasil migas dari pemerintah pusat, pemerintah daerah harus menyikapi dengan kebijakan mengurangi belanja daerah secara rasional berdasarkan skala prioritas dan aturan yang berlaku.

Pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan dan musrenbang tingkat Kabupaten Inhu tahun 2017 yang seluruhnya dapat ia hadiri. MTQ tingkat kecamatan se Kabupaten Inhu yang telah berjalan sukses dan lancar.

Selanjutnya Pemkab Inhu juga telah melaksanakan inventarisasi personil, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D) akibat pengalihan urusan pemerintahan konkuren sebagai implementasi Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Peningkatan disiplin aparatur dalam upaya peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat dan tata kelola pemerintahan yang baik serta upaya memberikan pemahaman terkait pengelolaan aset dan keuangan daerah serta meningkatkan pengawasan penggunaan dana desa kepada kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Inhu.

“Dengan dukungan serta kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, saya bersama wakil bupati akan mendedikasikan semua kemampuan serta pengalaman yang kami miliki untuk kemajuan pembangunan Inhu yang lebih sejahtera,” tuturnya.

Selanjutnya, melalui momentum Idul Fitri ini, Bupati Yopi Arianto mengimbau dan mengajak masyarakat mempererat tali persaudaraan yang di dasari oleh persatuan dan kesatuan yang kokoh, serta nafas iman serta Islam sebagai pegangan dan pondasi kehidupan sehari-hari.

“Mari kita tingkatkan keharmonisan dan kekompakkan dalam membangun daerah yang kita cintai ini. Jangan saling menuduh, memfitnah, adu domba serta terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan hanya untuk memecah belah kehidupan masyarakat,” ucapnya.(dpr/adv/hms)