Populer
Sunday, 15 May 2016 | 22:46:44 WIB | 409 Pembaca

Bupati Yopi: Ini Batik Made in Seberida

Inhu-Acara Pelantikan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat di Gedung Dang Purnama, Minggu (15/5), menjadi moment bagi Bupati Inhu H Yopi Arianto mempromosikan kemeja batik yang dikenakannya.  

Bupati Inhu H Yopi Arianto yang ketika itu hadir bersama Wakil Bupati H Khairizal, mengenakan kemeja batik berwarna hijau pupus dengan corak kotak. Saat memberikan arahan, selain mengucapkan selamat kepada Ketua STIE-I terpilih Ivalaina Astarina, Bupati Yopi juga mempromosikan kemeja batiknya  kepada tamu undangan yang hadir. 

 

“Ini kemeja yang saya pakai kira-kira produk mana? (tanya Bupati Yopi kepada tamu yang hadir). Ini batik made in Seberida. Saya sengaja mengenakannya untuk mempromosikan karya anak negeri asli Indragiri Hulu. Kedepannya, produk ini juga akan dipromosikan untuk dipakai oleh pejabat-pejabat di Lingkungan Pemkab Inhu,” ungkap Bupati Yopi.

Selain mengaku bangga dengan hasil kreatifitas masyarakat ini, menurut Bupati, kehadiran produk kemeja batik asli Inhu ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, sekaligus mengenalkan budaya Kabupaten Inhu kepada masyarakat luas.

Sementara itu, ditemui usai acara pelantikan, Kepala Disperindagpas Inhu Asman Dayat mengungkapkan bahwa upaya mempromosikan batik asli Inhu ini akan terus dilakukan pihaknya.   

“Kemeja batik Inhu yang dikenakan Bupati Yopi adalah salah satu hasil produksi asli dari kelompok pembatik asal Desa Titian Resak Kecamatan Seberida yang merupakan kelompok binaan dari Disperindagpas Inhu,” jelas Asman Dayat.

Program tersebut, lanjut Asman Dayat, dimulai sejak tahun 2015 dengan memberikan pelatihan serta bantuan alat kepada kelompok pembatik. Kedepan, pembentukan kelompok pembatik tersebut juga akan ada di sejumlah kecamatan lainnya di Inhu.

“Sebagai upaya promosi, kedepannya batik Indragiri ini juga akan diperkenalkan ke berbagai sekolah, Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta seluruh instansi yang ada di Kabupaten Inhu,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan itu sejumlah unsur Forkopimda, beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Air Molek, Pimpinan Bank BRI Cabang Rengat, Pimpinan Bank Mandiri, Dosen serta ratusan mahasiswa dan mahasiswi STIE-I Rengat.(dpr/adv/hms)