Populer
Friday, 29 July 2016 | 07:58:07 WIB | 325 Pembaca

Hasil Panen Terus Meningkat, Bupati Yopi Apresiasi Kerja Keras Petani

Inhu -Bupati Inhu H Yopi Arianto melakukan panen raya padi sawah Kelompok Tani Makmur Bersama Desa Teluk Sejuah, Kecamatan Kelayang, Kamis (28/7). Tahun ini hasil panen padi diatas areal seluas 148 hektare mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Turut hadir pada kegiatan panen raya padi tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Riau Askardiya R Patrianov, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Inhu, Rahmat, capaian luasan lahan cetak sawah 148 hektare ini merupakan pengembangan yang dilakukan sejak tahun 2011. Selama kurun waktu tersebut, sudah dilakukan kegiatan panen sebanyak enam kali dan untuk tahun depan, luas lahan kembali ditambah.

“Sebelumnya hasil panen kelompok tani disini hanya mencapai 3 ton setiap hektarnya. Namun, setelah dilakukan pembinaan oleh Dinas Pertanian TPH Inhu, hasil panen mengalami peningkatan hingga rata-rata mencapai 4 ton lebih setiap hektarnya. Bahkan pernah mencapai tertinggi hingga 6 ton setiap hektarnya,” tutur Rahmat.

Untuk tahun ini, Rahmat menargetkan pihaknya akan melakukan pembangunan irigasi pompanisasi yang dananya berasal dari APBN. Ia juga menginformasikan bahwa tahun 2016 ini, Kabupaten Inhu direncanakan akan kembali mendapatkan bantuan dari APBN berupa alat tanam sebanyak 13 unit.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Riau, Askardiya R Patrianov memberikan apresiasi atas pelaksanaan panen raya yang dilakukan diatas lahan seluas 148 hektare di Desa Teluk Sejuah ini. Panen raya ini menunjukkan adanya kerjasama yang baik antara semua pihak baik pemerintah, TNI maupun kelompok tani demi tercapainya swasembada pangan. “Ini luar biasa, sebab di sini lahan lain dirubah menjadi persawahan,” tegasnya.

Dandim 0302 Inhu, Letkol Inf Mujibburahman Hadi mengungkapkan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para petani demi pencapaian serta peningkatan hasil pertanian.“Jangan segan dengan anggota kami, karena kami akan terus mendampingi petani,” jelas Dandim.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto mengatakan bahwa pencapaian dari hasil panen raya ini merupakan wujud keinginan masyarakat yang berupaya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Atas nama pemerintah, Bupati akan terus memberikan dukungan guna pencapaian peningkatan hasil panen. “Pemerintah akan siap mendukung dan akan membantu kekurangan yang dibutuhkan petani,”ungkap Bupati Yopi.

Bupati juga mengharapkan agar semua pihak tatap fokus dalam upaya perluasan cetak sawah dan menjadikan ini sebagai target di tahun 2017 mendatang. Ia juga mengapresiasi kerja keras para petani yang telah bersusah payah dalam meningkatkan hasil panen padi di Kabupaten Inhu saat ini.(dpr/adv/hms)