Populer
Wednesday, 02 August 2017 | 11:19:33 WIB | 160 Pembaca

Koramil 01/Rengat Laksanakan Budidaya Tanaman Hidroponik

lingkungan

Foto:

Portalriau.com - RENGAT - (2/8/2017) Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah dan hal ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air yang terbatas terlebih saat musim kemarau tiba.  Berkaitan dengan hal tersebut, personel Koramil 01/Rengat mencoba mengembangkan membudidayakan tanaman hidroponik di wilayah sekitar perkantoran Koramil 01/Rengat.

Anggota Koramil 01/Rengat melaksanakan pembuatan tempat untuk tanaman Hidroponik  di sekitar lokasi perkantoran Koramil 01/Rengat. Upaya ini bukan tanpa alasan. Di samping mengoptimalkan serbuan teritorial, Danramil 01/Rengat Kapten Inf Kadarisman mengatakan Babinsa sekaligus menjadi motor penggerak salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat. Prinsipnya sederhana, jika Babinsa paham dan bisa menerapkannya, maka dia akan bisa mendorong serta mengajari yang lainnya. “Jadi biar Babinsanya bisa dulu, baru setelah itu diterapkan di lingkungan. Kalau ada yang belum bisa, didorong atau diajari. Karena manfaatnya luar biasa besar, baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk kebutuhan lainnya.

Upaya ini di samping mengoptimalkan serbuan teritorial sekaligus menjadi motor penggerak salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat, selain itu budidaya tanaman hidroponik sangat menyenangkan. Ini benar-benar dapat menjadi alternatif bagi kita yang memiliki lahan terbatas atau yang kesulitan mencari lahan dan juga banyak keuntungan dan manfaat yang kita dapatkan dari budidaya tanaman hidroponik. (DPR)