Populer
Thursday, 22 December 2016 | 20:36:24 WIB | 406 Pembaca

Pemkab Inhu Borong Tiga Penghargaan KI Riau Award 2016

Inhu-Helat Komisi Informasi (KI) Riau Award 2016 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Central Pekanbaru, Kamis (22/12/2016) menjadi milik Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu. Bagaimana tidak, tiga penghargaan bergengsi berhasil diraih pada kegiatan yang dihadiri Ketua KI Pusat, John Fresly.

Tiga penghargaan tersebut diantaranya juara pertama kategori pemerintah kabupaten/kota yang dinilai berhasil dalam mengimplementasikan Undang-undang keterbukaan informasi publik, penghargaan khusus atas kepatuhan penyampaian laporan layanan informasi publik serta penghargaan kepada Kepala Bidang Informatika Dishubkominfo Inhu Roma Doris SS, MPS, M.Eng selaku pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) atas partisipasinya dalam mendorong implementasi keterbukaan informasi publik.

Penghargaan kategori pemerintah kabupaten/kota serta kepatuhan penyampaian laporan layanan informasi publik diserahkan Ketua KI Pusat, John Fresly kepada Bupati Inhu yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Inhu Susesno Ajdi. Sedangkan penghargaan kepada Roma Doris diserahkan Ketua KI Riau, Mahyudin Yusdar.

Khusus untuk penghargaan bergensi kategori pemerintah kabupaten/kota yang dinilai berhasil dalam mengimplementasikan Undang-undang keterbukaan informasi publik, Kabupaten Inhu berhasil meraih nilai sempurna yakni 10,00.

Peringkat kedua diraih Kabupaten Siak dengan nilai 76,67, peringkat ketiga diraih Kota Pekanbaru dengan nilai 68,33, peringkat keempat Kota Dumai dengan nilai 51,00, peringkat kelima Kabupaten Kampar dengan nilai 50,00 dan peringkat keenam Kabupaten Bengkalis dengan nilai 48,67.

KI Riau juga memberikan penghargaan untuk kategori SKPD dilingkungan Pemprov Riau, kategori partai politik di Provinsi Riau, BUMD serta perguruan tinggi yang dinilai berhasil dalam mengimplementasikan Undang-undang keterbukaan informasi publik.

“KI Riau memberikan apresiasi yang tinggi atas komitmen Kabupaten Inhu dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Bahkan untuk laporan layanan informasi publik yang menyampaikan salinan laporan tahunan ke KI hanya ada satu badan publik, yaitu Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu,” ujar Ketua KI Riau, Mahyudin Yusdar.

Menurut Mahyudin, KI Riau Award tahun 2016 merupakan rangkaian dari kegiatan panjang yang telah dilakukan KI Riau. Tahun ini, fokus penilaian dan evaluasi dilakukan pada kepatuhan badan publik dalam memberikan pelayanan dasar akses informasi publik dengan tujuh aspek penilaian.

“Hasil penilaian ini objektif dan dapat diperganggungjawabkan. KI Riau juga menegaskan bahwa hasil evaluasi terhadap badan publik atas kepatuhan dalam melaksankaan Undang-undang keterbukaan informasi publik ini dapat diketahui oleh masyarakat,” tegasnya.

Ketua KI Pusat John Fresly menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan KI Riau Award 2016. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong dan memotivasi badan publik untuk menerapkan keterbukaan informasi publik sesuai amanat Undang-undang.“Jadikan keterbukaan menjadi sesuatu yg dapat membantu pekerjaan, terutama badan publik agar semakin informatif,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Riau Ir H Yogi Getri menyampaikan ucapan selamat kepada badan publik yang menerima penghargaan dari KI Riau. “Terimakasi kepada KI Riau yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga mampu memotivasi badan publik untuk mewujudkan transparansi demi memberikan pelayanan yang mudah, efektif dan cepat kepada masyarakat,” tuturnya.

Yogi juga menyampaikan bahwa beberapa catatan yang diberikan KI Riau sebagai hasil evaluasi dalam pelaksanaan pelayanan informasi khususnya di lingkungan SKPD Provinsi Riau akan disampaikan langsung kepada Gubernur Riau.(dpr/adv/hms)