Populer
Monday, 11 July 2016 | 11:55:13 WIB | 477 Pembaca

Pemkab Inhu Gelar Halal Bi Halal Idul Fitri 1437 H

Idul Fitri

Foto:hari pertama kerja setelah libur lebaran wakil Bujpati Inhu H. Khairizal,SE, MSi memimpin Upacara dan Halal Bi Halal bersama seluruh PNS di Pemkab Inhu (11 juli 2013)

Inhu-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) menggelar halal bi halal Idul Fitri 1347 H bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer, Senin (11/7) di halaman Kantor Bupati Inhu. Halal bi halal dilaksanakan usai upacara bendera yang dilanjutkan dengan saling bermaafan dan makan bersama.

Wakil Bupati Inhu H Khairizal yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir bathin kepada seluruh PNS dan pegawai honorer dilingkungan Pemkab Inhu.

Wabup juga menyampaikan sejumlah intruksi diantaranya terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 yang sudah harus selesai paling lambat tanggal 17 Agustus 2016. RPJMD ini merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati serta Wakil Bupati terpilih dan hari ini (Senin) diharapkan sudah sampai ke DPRD Inhu.

Kemudian terkait APBD Perubahan tahun 2016 yang harus diselesaikan secepatnya dan APBD Murni tahun 2017 yang harus diselesaikan sebelum akhir Desember 2016. Karena itu, Wabup memerintahkan seluruh SKPD segera menyampaikan laporan keuangan dan laporan pelaksanaan kegiatan semester pertama terkait usulan APBD Perubahan 2016 serta menyelesaikan usulan rencana kegiatan untuk APBD murni 2017.

“Perlu saya tegaskan, dalam proses perencanaan saya minta seluruh SKPD mentaati kaidah dan aturan yang berlaku sesuai hasil Musrenbang yang telah dilaksanakan dan saya tidak mau ada kegiatan yang dilaksanakan tanpa ada dasar hukumnya,” tegas Wabup.

Selanjutnya, terkait implementasi Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Wabup H Khairizal minta agar perangkat daerah sudah harus diselesaikan sebelum penyusunan APBD murni 2017. “Kalau perangkat daerah belum diselesaikan kita tidak bisa menganggarkannya pada APBD murni 2017,” ucapnya.

Sedangkan terkait aset daerah, mengacu hasil pemeriksaan BPK, Wabup minta agar seluruh SKPD menuntaskannya proses inventarisasi dan mempertanggungjawabkannya sebelum Desember 2016. Sehingga kedepannya, Kabupaten Inhu berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Banyak tugas dan tanggungjawab yang harus kita selesaikan. Karena itu, saya minta jangan terlena dan mari kita bekerja sesuai tupoksi dan tanggungjawab kita masing-masing,” tegasnya.

Menyikapi kehadiran PNS hari pertama kerja usai libur lebaran Idul Fitri 1437 H, Wabup H Khairizal minta agar kepala SKPD melaksanakan pengawasan secara berjenjang terhadap PNS yang tidak hadir dan diberikan sanksi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.(dpr/adv/hms)