Populer
Sunday, 14 February 2016 | 23:24:54 WIB | 638 Pembaca

Penjabat Bupati Inhu Apresiasi Program Samsat Online

Inhu- Hadirnya pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang berbasis online, diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya untuk membayarkan pajak kendaraan.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin saat ditemui usai hadir dalam acara Launching Samsat Online yang diselenggarakan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Propinsi Riau bersama  Polda Riau dan Jasa Raharja , Minggu (14/2/2016). 

Penjabat bupati juga menjelaskan bahwa samsat online ini merupakan salah satu terobosan positif yang dilakukan oleh Pemprov Riau guna sebagai upaya dalam meningkatkan sumber pendapatan daerah. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu  juga telah berkomitmen untuk mencapai harapan tersebut. Maka dari itu, Penjabat Bupati H Kasiarudin juga menyambut baik sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pihak pemerintah propinsi dengan hadirnya samsat berbasis online ini.

Acara launching samsat online ini sendiri dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Ir Arsyadjuliandi Rahman. Bersamaan dengan itu, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan prasasti enam unit Kantor (UPT) Pemberian Keringanan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang telah dibangun di enam kabupaten. Keenam kabupaten itu diantaranya, UPT Kabupaten Inhu yang berada di Rengat, Rohul, Duri, Kep. Meranti, Siak dan Kuansing. 

Pada kesempatan itu juga diserahkan sebanyak empat unit mobil Samsat Keliling dari Bank Riau Kepri kepada pihak Dispenda Propinsi. Keberadaan mobil samsat keliling ini nantinya akan dimanfaatkan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang berada di wilayah-wilayah pelosok.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Riau Brigjen Dolly Bambang Hermanto, perwakilan Korem 031 Wirabima, anggota DPRD Prov Riau, para pejabat di lingkungan Pemprov Riau, Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, serta para Bupati maupun perwakilan dari seluruh kabupaten/kota se Prov Riau. 

Sementara dari Kabupaten Inhu, Penjabat Bupati H Kasiarudin hadir bersama istri Hj Bary Agustini Said dan Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, SIK.

Berbagai kegiatan mulai dari senam bersama serta undian dengan berbagai hadiah menarik menjadi bagian dalam acara yang digelar tepat di kawasan Car Free Day Jalan Gajah Mada Pekanbaru.  Kehadiran artis ibukota Janeta Janet juga semakin memeriahkan acara tersebut.

Dalam kesempatannya, Kepala Dispenda Prov Riau SF Hariyanto, menjelaskan bahwa selain samsat online dan pelayanan samsat keliling, salah satu program yang juga akan dilakukan oleh dispenda dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya yang berada di kawasan yang sulit untuk dijangkau yaitu program samsat ransel. Dimana dalam pelaksanaannya, para petugas nantinya akan mendatangi rumah-rumah warga yang berada di daerah pelosok atau yang sulit terjangkau. 

Sementara itu, Plt Gubri Ir Arsyadjuliandi Rahman juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Dispenda. Menurutnya ini merupakan salah satu upaya “jemput bola” dalam menggali potensi pajak sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta upaya peningkatan pendapatan daerah. Dengan adanya terobosan ini, diharapkan peningkatan kemampuan sumber daya manusianya pun menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.(dpr/adv/hms)