Saturday, 11 February 2017 | 12:37:57 WIB | 399 Pembaca

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Kecamatan Pasir Penyu Usulkan Pengembangan Pertanian Sistem Agregat

Ekonomi

Foto:

PORTAL RIAU/SUMUT, INHU-Upaya pengembangan sektor pertanian dengan sistem agregat menjadi salah satu prioritas usulan dari program kegiatan pembangunan Kecamatan Pasir Penyu tahun 2018 mendatang.

 

Usulan itu disampaikan Pelaksana Tugas Camat Pasir Penyu Bambang Indramawan dalam penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Pasir Penyu tahun 2017 di Gedung Buana Sakti Airmolek, Jumat (10/2/2017).

 

Dijelaskan Bambang, sistem pertanian agregat merupakan upaya pengembangan dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan rumah masyarakat. Ini dinilai menjadi salah satu langkah solusi dari keterbatasan lahan pertanian yang ada di Kecamatan Pasir Penyu.

 

"Dengan begitu, nantinya diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan bagi ekonomi warga," ungkapnya.

 

Selain pengembangan pertanian sistem agregat, beberapa usulan prioritas yang disampaikan diantaranya pengembangan dan penambahan fasilitas olahraga stadion sekar mawar, pembangunan jalur alternatif dengan lokasi Jalan Pelajar dan pembangunan jalur dua pada Jalan Sudirman sebagai upaya untuk mengurai tingkat kemacetan dan memberikan kenyamanan berlalu lintas.

 

Sementara itu, Bupati Inhu yang diwakili Kepala Bappeda Junaidi Rahmat mengharapkan agar  usulan pada  pelaksanaan musrenbang kecamatan ini merupakan rencana program yang benar-benar dapat menyentuh kepentingan dan kesejahteraan bagi masyarakat bukan berdasarkan kebutuhan sesaat saja.

 

Junaidi Rahmat juga menambahkan, untuk tahun 2017 ini Pemkab Inhu akan terus melanjutkan pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kecamatan Pasir Penyu. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya, melanjutkan pembangunan ruas jalan Desa Pasir Keranji-Bandar Padang dan ruas pinggir sungai Airmolek II-Japura dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, pemeliharaan jalan kota, pengembangan system distribusi air minum serta pelaksanaan kegiatan pada bidang pendidikan.

 

Selain Kecamatan Pasir Penyu, rangkaian musrenbang kecamatan di hari ketiga ini juga dilaksanakan di Kecamatan Lirik.

 

Beberapa usulan prioritas juga disampaikan Camat Lirik Suhadi. Menurut Suhadi, melihat dari cukup tingginya prestasi para pelajar di Kecamatan Lirik, maka bidang pendidikan menjadi usulan prioritas pertama yang ingin terus ditingkatkan. Selain itu, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pembangunan sejumlah Puskesmas dan Pustu, pembangunan sarana olahraga dan sector peternakan juga menjadi bagian dari usulan program kegiatan di tahun 2018 mendatang.

 

Turut hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRD Inhu dapil 4 Maryadi, beberapa Kepala Dinas, unsur Kepolisian dan Danramil serta para camat se Kabupaten Inhu. (humas/adv/dpr)