Wednesday, 25 April 2018 | 10:58:26 WIB | 250 Pembaca

Bupati Kampar Benah Dinas Kesehatan Untuk Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

advertorial

Foto: Azis Minta Tenaga Kesehatan Tingkatkan Disiplin Dan Ikhlas Melayani Masyarakat

Portalriau.com - BANGKINANG KOTA – Dalam Bidang Kesehatan dan SDM Kesehatan yang saat ini sangat cukup,Kabupaten Kampar saat ini cukup maju didalam Bidang Kesehatan, oleh sebab itu tidak ada alasan lagi bagi pejabat untuk tidak melayani masyarakat, hal ini dikatakan oleh Bupati Kampar H.Aziz Zaenal


“Terlalu banyak laporan kepada Bupati dan Wakil Bupati, mengenai pelayanan kesehatan yang dinilai sangat kurang baik. Anggaran yang diperuntukkan Dinas Kesehatan sangat berlimpah, saatnya Dinas Kesehatan berbenah diri,” ujar Azis Zaenal 27/3 ketika Melakukan Kunjungan kerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar beberapa hari yang lalu


Azis Zaenal juga mengajak semua tenaga Kesehatan untuk memantau dan melayani Pelayanan Kesehatan masyarakat, ini sangat penting karena Kesehatan adalah kebutuhan Primer, sama dengan pendidikan, selama ini Pelayanan Kesehatan sangat kurang baik, “Kita semua ingin merubah pendapat masyarakat tentang pelayanan kesehatan,” ungkap Bupati Kampar Aziz Pada Kunjungan tersebut


“Kampar harus berubah, lebih maju lagi, buang semua kebiasaan yang lama, mental kita harus berubah. Pemerintah musti lebih baik dari Pemerintahan yang lalu jika ingin Kampar maju kita semua harus bertekad untuk mengubah kebiasaan kita. Mengubah kebiasaan, sikap, pelayanan kita kepada masyarakat,” ujar Azis Zaenal.


Dinas Kesehatan memiliki fungsi yang sangat vital dalam melayani kesehatan masyarakat, dan ini merupakan urusan pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, oleh sebab itu Bupati Kampar memita kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk   dapat memberikan pelayanan secara maksimal bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi .


Bupati Kampar yang didampingi oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto , Sekda Kampar Drs. Yusri, M.Si serta asisten Administrasi Umum Setda Kampar Ir. Nurhasani saat meakukan kunjugan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar pada hari, Selasa, 27/3 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Nurbit, Sekretaris Dinas Kesehatan Dedi dan para Kabid, Kasi, Kapus dan ASN dan Staf di Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar


Dikatakan Bupati Kampar Saya selaku Bupati Kampar tidak ingin mendengar laporan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan masyarakat, karena saya banyak mendapat laporan baik dikatakan langsung maupun melalui telpon yang menyatakan pelayan kesehatan yang dilakukan kepada masyarakat” Kata Bupati Kampar Azis Zaenal.


“melihat laporan Kepala Dinas Nurbit bahwa Dinas kesehatan memiliki Sumber Daya Manusia yang cukup namun apakah kita punya iktikad untuk memberikan pelayan kesehatan kepada masyarakat, kita iri dengan pelayanan yang diberikan oleh Rumah sakit walaupun membayar namun masyarakat lebih memilih rumah sakit swasta, ini kenapa Tanya Bupati Kampar, sembari menjawab ini karena pelayanan dan iktikad kita dalam memberikan pelayayan kepada masyarakat” Kata Azis Zaenal lagi.


“saya menghimbau mari kita berikan pelayanan kepada masyarakat dengan penerapan Trush, Velue dan Serice (TVS) artinya berikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa kita dapat memberikan pelayan terbaik, kemudian ada nilai tambah terhadap adanya kita dalam system ini, dan selanjutnya pelayan yang prima  kepada masyarakat, inilah tanggung jawab kita selaku yang dipercaya untuk melaksanakan tugas pelayann kesehatan ini “ pinta Azis Zaenal lagi.

 



“Kita udah Berkomitmen kampar ini harus berubah maka saya meminta agar cara kerja dengan tradisi lama harus dihilangkan.kalu ingin kita masih ingin bersama-sama dalam membangun Kampar yang kita cintai ini” katanya lagi.

Dinas kesehatan merupakan orang-orang punya keahlian khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain, maka bupati Kampar meminta kepada petugas baik di Rumah sakit maupun di Puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Kampar, agar ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam pelaksanaan pelayanan di lapangan.

“Saya ingin semua Aparatur mulai dari kabid, Kasi agar  punya terobosan  dan kreatifitas. Dan tolong benahi tempat tugas masing masing , Saya akan kasih kesempatan kepada kadis benahi dinas ini dalam waktu 3 (tiga) bulan mulai dari hari ini saya akan lihat , ini agar kita dapat bekerja dengan nyaman sehingga pelayananpun dapat dilaksnakan dengan maksimal dan baik” Kata Azis Zaenal lagi.

Kemudian Bupati Kampar menghimbau agar dapat bekerja sesuai dengan tuntutan kerja dan sesuai dengan aturan yang berlaku, jangan sampai dilakukan kegiatan dan hal-hal yang berlawanan dengan hukum, kalau ini yang terjadi kita tidak dapat memberikan bantuan, oleh sebab itu bekerjalah sesuai dengan tuntutan dan sesuai dengan aturan” Pinta Bupati Kampar lagi.Untuk pelayanan di Puskesmas yang Bupati meminta agar Kepala Dinas untuk melakukan monitoring dan di pantau betul jaga ada lagi ada orang  dan masyarakat yang melapor tentang keadaan pelayanan” Instruksi Azis.

Sementara itu Wakil Bupati Kampar Catir Sugeng Susanto yang diminta pendapatnya menyampaikan bahwa ia sangat berharap pelayan kesehatan terutama di Puskesmas terus dapat di perhatikan sejalan apa yang dikatakan Bupati Kampar bahwa sering dia mendengar laporan terhadap pelayan kesehatan dimasyarakat.

Sekretaris Daerah DrsYusri yang hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Kampar juga menyampaikan hal yang sama, jika dilihat dari petugas maupun tenaga kesehatan yantg bertugas di puskesmas sudah mencukupi, namun yang perlu di lakukan adalah bagaimana melaksanakan pelayan kepada masyarakat.

Disisi lain saat melakukan kunjungan ke Pukesmas Kampar Utara 20/04/18,Bupati Kampar,  Azis Zaenal juga meminta kepada seluruh tenaga kesehatan baik itu Aparatur Sipil Negara Maupun  tenaga Bantu Kesehatan untuk meningkat disiplin dan ikhlas dalam bertugas melayani masyarakat, karna disiplin dan ke Ihklasan merupakan modal dasar kita sebagai manusia untuk meraih kesuksesan.

Dijelaskan Azis dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan diantaranya kita harus bisa membuat Masyarakat percaya bahwa atas izin Allah kita bisa mengobati penyakit yang dia alami kemudian kita juga harus memberikan service ataupun pelayan kepada masyarakat sebaik mungkin, jangan  beda-bedakan pelayanan terhadap masyarakat, karena mereka semua berhak mendapat pelayanan yang optimal dari petugas kesehatan.

 

 

“semua masyarakat berhak mendapatkan  pelayanan yang sama dibidang kesehatan,  baik yang berasal dari keluarga miskin ataupun kaya, kita semua sama, jadi jangan ada yang di beda-bedakan” ujar Azis Selain itu Azis juga meminta kepada seluruh pelayan kesehatan baik itu dokter,  perawat, bidan dan tenaga bantu kesehatan lainnya agar selalu menambah wawasan dibidang kesehatan, agar Kabupaten Kampar bisa maju dan tingkat harapan hidup Kabupaten Kampar bisa meningkat dari tahun ke tahun.


“Kabupaten Kampar sangat kekurangan dokter spesialis, seperti bedah tulang, jantung dan lainnya yang menyebabkan kita harus mengimpor dokter dari daerah lain, untuk itu ke depannya Pemda Kampar komit dalam memajukan kesehatan dengan memberikan beasiswa sekolah kedokeran dari berbagai spesialis yang tidak kita miliki di RSUD kita untuk anak-anak yang cerdas asal Kampar, mereka akan kita sekolahan dan setelah tamat bisa Langsung mengabdi di Kabupaten Kampar”jelas Azis.


Azis mengatakan dengan diberikannya amanah kepada saya dalam memimpin kabupaten Kampar,  saya ingin semua akan berubah menjadi lebih baik, apakah dari segi kesehatan, pendidikan, untuk itu kami akan selalu membuat apa yang dibutuhkan masyarakat agar bermanfaat bagi masyarakat (DPR/Edi/Humas kpr)