Monday, 04 June 2018 | 20:46:07 WIB | 117 Pembaca

Bupati Kampar Tampung Para Aksi Demo RTK

peristiwa

Foto:

 

Kampar,portalriau.com - Aksi puluhanTenaga Honorer (kontrak) Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) se- Kabupaten Kampar melakukan aksi Demo senen (04/06/18) di Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar untuk menyampaikan aspirasi yang menuntut pembayaran gaji mereka dan menuntut kejelasan status kerja mereka.

 

Usai dari Demo di Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar,aksi Demo dilanjutkan ke kantor Bupati Kampar.dan dari pantauan wartawan dilapangan tampak salah satu tulisan spanduk Demo RTK Kampar yang bertuliskan, "Bupati Kampar jangan makan keringat kami dan pecat Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar Nurbit "

 

Sebelumnya Aksi Demo RTK Kampar telah dilakukan berulang kali, namun sayangnya belum ada tanggapan dari pemerintah Kabupaten Kampar untuk menyelesaikan permasalahan yang telah terjadi tersebut.

 

Meski dalam Bulan Suci Ramadhan dan dalam keadaan berpuasa,rombongan RTK Kabupaten Kampar terlihat terus bersemangat untuk memperjuangkan nasibnya yang belum ada titik terangnya dari Pemkab Kampar.

 

selama 1 jam aksi demo berlangsung itu akhirnya membuahkan hasil,Bupati Kampar H.Azis Zaenal SH.MM menerima 10 orang perwakilan dari RTK tersebut dan dibawa langsung keruang kerjanya.Sebelumnya Bupati Kampar sempat menemui dan bersalaman dengan para RTK yang berdemo di lobby Kantor Bupati Kampar.

 

Pada pertemuan yang digelar di ruang kerja Bupati Kampar dihadiri langsung oleh Bupati Kampar dan didampingi Sekda Kampar, Kepala Dinas Kesehatan beserta Sekretaris, Asisten III, Kasatpol PP, dan Kapolres Kampar.Pada kesempatan itu Bupati Kampar menjelaskan, bahwa pembayaran gaji para RTK itu berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menggunakan dana APBN.

 

Bupati Kampar juga marah dan sangat menyesalkan proses rekuitmen penerimaan RTK yang ditunggangi oleh calo dengan membayar puluhan juta rupiah.

 

“Saya merasa miris sekali dengan keadaan ini. Para RTK masuk melalui perantara dengan meminta uang sampai puluhan juta rupiah. Tetapi proses rekuitmen RTK ini tidak melalui mekanisme yang ada,” terang Bupati Kampar dengan nada kesal.

 

Ditambahkannya,Kalau bisa oknum calo itu harus segera ditindak dan diproses secara hukum yang berlaku,” tegas Bupati Kampar Kembali.

 

Diwaktu yang sama,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar juga menerangkan secara rinci mekanisme larangan pemberian uang transport atau gaji para tenaga RTK di Kabupaten Kampar berdasarkan Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.pungkasnya

 

Setelah pertemuan di Kantor Bupati Kampar, rombongan aksi  RTK se- Kabupaten Kampar ini langsung bergerak ke Kantor Kejari Kampar untuk melanjutkan orasi demonya.(Dpr/Edi)