Tuesday, 01 August 2017 | 16:42:25 WIB | 291 Pembaca

Danramil 07/Kampar Pantau Panen Padi Di Desa Muara Jalai

Portalriau.com - KAMPAR UTARA - (1/08/2017)  - Dalam rangka memaksimalkan Serapan Gabah Petani (Sergap) di wilayah binaan, Danramil 07/Kampar dan Babinsa Muara jalai melaksanakan pemantauan panen padi di lahan milik kelompok Tani  Bonca puo seluas 3 Ha di Desa Muara jalai, Kecamatan Kampar Utara. 

Danramil 07/Kampar Kapten Inf Lilik Haryono mengatakan hasil panen masyarakat pada saat ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu, hal ini di sebabkan karena mayoritas lahan padi terserang Hama tikus dan kekeringan. Lahan pertanian di wilayah desa Muara Jalai, merupakan Lahan Tadah hujan, apabila musim panas (Kamarau) terjadi,  sangat berpengaruh pada perkembangan pertumbuhan padi bahkan berpengaruh pada hasil produksinya.

Hal itu di akui oleh bpk Joko Kuncoro yang merupakan petugas penyuluh pertanian , PPL desa Muara jalai kec Kampar utara.Hasil panen para petani pada saat ini menurun 50%. Berdasarkan hasil ubinan kita, untuk produksi hasil panen hanya 2,5ton /Ha. Sementara di tahun lalu kita petani mendapat produksi samapai 5 Ton /Ha.

Walaupun hasil panen tidak sesuai yang di harapkan, Babinsa Muara jalai Sertu Jumiono, tetap mensosialisasikan ke para petani Supaya hasil panen para petani diharapkan sebahagian terserap dan dibeli oleh pihak bulog Kampar.

Salah satu anggota kelompok tani Bonca Puo Bpk Syamsir,  menyampaikan terima kasih dan senang atas bimbingan dan pendampingan dari Babinsa dan PPL yang selalu berada ditengah-tengah para petani, Kami petani optimis untuk tahun tanam yang akan datang, Produksi kami akan meningkat sehingga dapat mendukung serta menyukseskan program swasembada pangan nasional. (DPR)