Monday, 19 June 2017 | 09:26:12 WIB | 268 Pembaca

Kapolres Kampar dan Kapolres 50 Kota Adakan Koordinasi Lintas Batas Amankan Arus Mudik

Arus Balik Mudik

Foto:

PORTAL RIAU, XIII KOTO KAMPAR - Sabtu 17 Juni 2017 pukul 17.30 wib, Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SiK, MH didampingi Waka Polres Kompol Basa Emden Banjarnahor SiK, Kabag Ops Kompol Suratman, Kasat Lantas AKP Mas'ud Ahmad SiK, Kasat Sabhara AKP Hermawan dan Kapolsek XIII Koto Kampar Handoko Sujaryanto serta beberapa Personil lainnya, mengecek kesiapan Pos Pelayanan Ops Ramadniya Siak 2017 di Kelok Indah Kec. XIII Koto Kampar.
 
Pos Pengamanan dan Pelayanan di wilayah Kelok Indah ini merupakan Pos Pam Ops Ramadniya Siak 2017 yang lokasinya di perbatasan Provinsi Riau dengan Sumbar.
 
Selain mengecek kesiapan Pos Pengamanan dan Jalur Mudik disepanjang Jalan Lintas Riau - Sumbar ini, Kapolres Kampar juga mengagendakan pertemuan di wilayah batas Riau - Sumbar ini bersama Kapolres 50 Kota Polda Sumbar yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Polres Kampar.
 
Kapolres 50 Kota AKBP Haris Hadis SiK, MM, Tr bersama Sejumlah Pejabat Utama Polres 50 Kota dan juga Kepala Dinas Perhubungan Kab. 50 Kota sdr. Yuniawal Mta, SE tiba lebih awal beberapa menit di lokasi Pos Pam Kelok Indah ini.
 
Selanjutnya rombongan Kapolres Kampar dan Kapolres 50 Kota melakukan pertemuan di Rumah Makan Kelok Indah ini sambil menunggu waktu berbuka puasa.
 
Pada kesempatan ini kedua Pejabat Kapolres ini melakukan Koordinasi Lintas Batas dalam rangka Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik saat perayaan Idul Fitri 1438-H mendatang.
 
Kapolres 50 Kota yang sebelumnya juga melakukan pengecekan Jalur Mudik di Jalan Lintas Provinsi ini menyampaikan, bahwa kondisi jalan saat ini secara umum cukup baik, sejumlah titik longsor yang terjadi beberapa waktu lalu telah diperbaiki termasuk badan jalan yang amblas di wilayah Sibumbun Kec. Pangkalan juga telah dibuatkan jembatan sehingga lalulintas dapat berjalan dengan lancar.
 
Sejumlah alat berat juga telah disiapkan Dinas terkait di wilayah ini untuk mengantisipasi bila terjadi longsor yang menggangu kelancaran arus mudik dan arus balik, jelas Kapolres 50 Kota.
 
Sementara itu Kapolres Kampar dalam pernyataannya juga menyampaikan bahwa kondisi jalan lintas lintas Riau - Sumbar yang melewati Kab. Kampar saat ini cukup baik, termasuk 2 jembatan di wilayah Kec. Kuok yang sempat rusak beberapa waktu telah diperbaiki dan telah dapat dilalui semua kendaraan.
 
Lebih lanjut dijelaskan Kapolres Kampar bahwa selama pergelaran Ops Ramadniya 2017 nanti, Polres Kampar telah menyiapkan 8 Pos yang terdiri dari 6 Pos Pengamanan, 1 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu.
 
Beberapa jalur alternatif di wilayah rawan macet juga telah dipersiapkan untuk pengalihan arus sebagai langkah antisipasi bila terjadi kemacetan.
 
Kedua Polres bertetangga ini juga sepakat untuk menurunkan tim urai macet, saat peningkatan arus mudik menjelang Idul Fitri hingga puncak arus balik setelah lebaran nanti.
 
Dari hasil pemantauan dan pengecekan yang dilakukan Kapolres Kampar pada hari ini disimpulkan bahwa Jalur mudik di wilayah Kab. Kampar dalam keadaan baik dan siap digunakan, pihaknya Kepolisian bersama stake holder terkait juga telah siap bertugas secara maksimal untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik.
 
Semoga kerja keras semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat memberikan hasil yang maksimal, untuk kelancaran arus mudik serta terciptanya situasi yang aman dan kondusif, jelas Kapolres.
 
Koordinasi Lintas Batas Polres Kampar dan Polres 50 Kota ini diakhiri dengan acara buka puasa bersama, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. (DPR)