Populer
Monday, 13 March 2017 | 12:40:47 WIB | 263 Pembaca

Banjir, Sawah Tiga Kecamatan di Kuansing Gagal Panen

PORTAL RIAU, TELUK KUANTAN-Banjir yang melanda Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) beberapa hari yang lalu mengakibatkan kerugian di kalangan petani sawah di Kuansing.

Kerugian yang di akibatkan banjir di Kuansing mengakibatkan lahan pertanian di tiga kecamatan di Kuansing gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian dan tanaman pangam Kuansing, H Maisir membenarkan, memang ada lahan pertanian sawah masyarakat Kuansing gagal panen (Puso).


" Seperti lahan pertanian masyarakat di Kecamatan Pangean, Kecamatan Benai dan Kecamatan Inuman," ungkap H Maisir, Ahad (12/3/17).

H Maisir juga mengatakan, namun untuk total luas lahan pertanian yang akan gagal panen ini belum tau luasnya di keranakan saat ini tim lagi melakukan pengecekan di lapangan mengenai berapa luas lahan pertanian yang akan terncam banjir ini.

" Kita lihat hasil tim ini, kan ada petugas khusus dalam melihat nya nantik, jadi dalam menentukan lahan yang gagal panen ini ada tim yang melakukan penelitiannya," jelasnya.

Ditanya apakah sudah di laporkan ke Dinas Pertanian provinsi Riau? Maisir mengatakan, " sudah kita laporkan ke Provinsi Riau, bahkan pihak provinsi sudah melihat langsung kelapangan, seusai Musrenbang kabupaten kemaren dinas pertanian Provinsi Riau sudah melihat langsung ke lokasi dimana tanaman padi petani yang terkena banjir tersebut," sambungnya.

Namun, mengenai respon dari pihak Provinsi Riau tersebut Maisir mengungkapkan, untuk mengenai program pemerintah sekarang tidak lagi sama dengan tahun kemaren, soalnya sekarang tidak ada lagi bantuan benih cadang nasional, namun demikian pemerintah tetap akan memberikan bantuan benih oleh dinas pertanian Provinisi Riau.

Maisir selaku pemerintah daerah Kuansing menghimbau agar masyarakat bersabar dengan kondisi sekarang, namun saya selaku dinas terkait akan terus memeberikan semangat agar para petani kedepanya bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi. (rtc/DPR)