Wednesday, 06 February 2019 | 12:08:04 WIB | 100 Pembaca

Bupati Kuansing Buka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Singingi Hilir

pemerintahan

Foto:

Kuansing,portalriau.com l Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini, M.Si Rabu (6/2/2018) membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Singingi Hilir Tahun 2020.

 

Kecamatan Singingi Hilir adalah kecamatan pertama yang menyelenggarakan Musrenbang tingkat kecamatan Tahun 2020 di Kabupaten Kuansing. Disusul esok harinya Kecamatan Singingi hingga tanggal 6 Maret 2019 mendatang di Kecamatan Pangean sebagai kecamatan penyelenggara musrenbang terakhir.

 

Hadir dari Pemkab Kuansing pada acara Musrenbang Kecamatan Singingi Hilir ini Wakil Bupati H Halim, Kepala Bappeda Ir Maisir, Asisten, kepala OPD, Kepala Bagian Setda beserta para kabid, kasi/kasubbag di jajaran masing-masing.

 

Sedangkan dari pemerintah kecamatan hadir Camat Singingi Hilir Hazrianto beserta staf, Upika, kepala desa, tokoh masyarakat, cerdik pandai Kecamatan Singingi Hilir

 

Bupati Mursini ketika memberi sambutan pada acara pembukaan   Musrenbang menyampaikan bahwa musrenbang diadakan bertujuan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

 

Kemudian, menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

 

 "Musrenbang ini juga bertujuan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas penbangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten," terang Mursini.

 

Kemudian, lanjut Mursini, Musrenbang juga bertujuan guna mendapatkan saran dan masukan dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Kuansing Tahun 2020, singkronisasi agenda dan prioritas perangkat daerah, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. "Tak kalah pentingnya musrenbang adalah ajang silaturahmi antara Pemkab Kuansing dengan jajaran pemerintah kecamatan serta masyarakat," ujar Mursini.

 

Sementara itu Camat Singingi Hilir Hazrianto secara umum menyampaikan usulan Pemerintah Kecamatan Singingi Hilir tahun 2020 terbagi menjadi dua kategori. Yamni peningkatan kualitas hidup masyarakat yaitu bidang pendidikan adalah pengadaan meubiler SDN 002, 003, 007, 011, 012, 017 dan 019 serta SMP 1, 4 dan 5 Singingi Hilir.

 

"Kemudian di bidang kesehatan kami usulkan standarisasi pelayanana puskesmas melalui akrediatasi puskesmas serta peningkatan mutu pelayanan puskesmas dengan penambahan tenaga medis dan para medis," sebut Hazrianto.

 

Selanjutnya dalam hal pemantapan infrastruktur program yang diusulkan ada tiga yaitu bidang pendidikan adalah pembangunan RKB SD dan SMP. Rehab dan revitalisasi ruang kelas SD dan sMP.

 

Di bidang pekerjaan umum Kecamatan Singingi Hilir mengusulkan antara lain pembangunan jalan aspal dari simpang Wanasari-Suka Maju dan pengaspalan jalan poros di desa Beringin Jaya dan Muara  Bahan karena baru mendapat aspal 1 km.

 

Selanjutnya pembangunan jembatan Sei Tesso yang menghubungkan Desa Sumber Jaya dan Bumi Mulya, jembatan Desa Bukit Raya, jembatan desa Beringin Jaya yang ambruk akibat banjir baru baru ini.(Edi)