Populer
Monday, 13 March 2017 | 12:33:08 WIB | 260 Pembaca

Bupati Harris Buka Perlombaan "Jong Kotil" di Teluk Meranti

Olahraga

Foto:

PORTAL RIAU, PANGKALANKERINCI- Iven wisata nasional festival 'Bakudo Bono' yang helat Selasa (14/3/17) tepatnya di Kelurahan Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti dimulai dengan serangkaian acara tradisi rakyat.

Ahad (12/3/17) bupati Pelalawan HM Harris secara resmi membuka perlombaan 'Jong Kotil' miniatur perahu di pantai Ogis kecamatan Teluk Meranti. Perlombaan ini juga menandai perhelatan akbar yakni festival 'Bakudo Bono'.

Menurut bupati Harris, perlombaan 'Jong Kotil' ini merupakan sebuah tradisi turun menurun dari masyarakat yang berada di perairan seperti kecamatan Teluk Meranti maupun di kecamatan Kuala Kampar.


Tradisi ini menurutnya mengambarkan kehidupan masyarakat yang berada diperairan yang identik dengan kehidupan berlayar dilaut."Perlombaan 'jong kontil' ini mengambarkan kehidupan masyarakat yang berada diperairan. Ini kan daerah perairan yang identik dengan perahu," imbuh Harris.

Pada kesempatan tersebut Harris menyampaikan bahwa 'Bakudo Bono' dikecamatan Teluk Meranti, kabupaten Pelalawan saat ini sudah masuk salah satu agenda wisata nasional.

Ditambahkannya, ada tiga objek wisata di provinsi Riau masuk kepada kalender wisata nasional. Selain bono, juga pacu jalur di kabupaten Kuantan Singingi dan bakar tongkang di kabupaten Rokan Hilir. "Masuknya bono menjadi salah satu agenda nasional patut kita dukung," tukasnya.

Untuk mendorong wisatawan baik mancanegara berkunjung melihat pesona ombak bono di kecamatan Teluk Meranti ini tentu didukung oleh akses transportasi yang memadai. Misalnya, mulai tahun 2017 melalui dana APBD provinsi Riau mulai dilakukan pengaspalan dari kecamatan Bunut sampai ke Teluk Meranti bahkan tembus ke Pulau Muda.

Begitu juga tambah Harris pada RPMJD kabupaten Pelalawan merencanakan pembangunan rel kerata api menghubungkan kecamatan Pulau Muda ke Kuala Kampar. Askses ini diharapkan bisa mendorong wisata masuk dari negara Singapura maupun negara Malaysia.

"Pelabuhan-pelabuhan yang refresentif sebagai pendukung bakal dibangun, termasuk kantor imigrasi di kecamatan Kuala Kampar," tuturnya.

Sementara itu kepala dinas Pariwista dan Kebudayaan kabupaten Pelalawan, Andi Yuliandri didampingi sekretaris, Muktarius menyampaikan perlombaan perahu mini 'Jong Kotil' ini salah satu rangkaian festival kudo bono.

Rangkaian festival bakudo bono ini, digelar selama tiga dimulai tanggal 12 sampai puncaknya tanggal 14 Maret 2017 ini. Untuk hari pertama digelar pelombaan 'Jong Kotil' yang diikuti 64 peserta, seterusnya selancar untuk dua kategori diikuti 30 peserta dan hari puncaknya festival bakudo bono diikuti oleh 20 peserta yang sudah terlatih.

Turut hadir mendamping bupati Harris pada pembukaan perlombaan 'Jong Kotil' ini anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan Pelalawan-Siak, Sewitri, SE, para Asisten dilingkungan Pemdakab Pelalawan serta sejumlah kepada OPD. (rtc/DPR)