Thursday, 26 April 2018 | 10:06:21 WIB | 97 Pembaca

Bendungan seharga 24 Meliar Hilangkan Mata Pencarian Masyarakat Desa Palas

pembangunan

Foto:

 

 

Pelalawan.portalriau.com---PT.Langgam Inti Hybrido Tutup Mata Terkait Hilangnya Anak Sungai
Pelalawan. Anak sungai merupakan sebagian masyarakat desa palas sehari-harinya mata pencarian mencari ikan.
Terdapat Dua anak sungai di wilayah kawasan PT. Langgam Inti Hybrido di akibatkan operasional perusahaan hilangnya hulu dan hilir anak sungai.


Kepala Desa Palas H.Samsari AS saat di konfirmasi awak media 24/4/2018 menyampaikan memang terkait pelestarian di pinggir anak sungai telah melanggar peraturan yang berlaku, karena Daerah Aliran Sungai (DAS) oleh perusahaan PT.Langgam Inti Hibrido. Jarak ketentuan kalau Sungai berjarak dari pinggir kiri dan kanan sungai ratusan meter dan untuk anak sungai lima puluh meter dan wajib di lindungi.


Untuk kondisi saat sekarang ini disampaikan Kepala Desa Palas bahwa PT Langgam Inti Hibrido telah banyak merusak dan melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku terutama yaitu daerah aliran sungai, Sungai ditutup dengan dengan cara di bendungnya dan tertutup oleh kanal buatan( tidak ada hulu dan hilir), Jelas nya
Selanjutnya, karena sungai merupakan batas alam, batas desa palas dengan desa kemang, sungai merupakan sumber mata pencarian masyarakat sekitar yaitu di sungai bunian untuk mncari ikan.


setelah di bendung oleh PT Langgam Inti Hibrido sehingga tertutuplah mata pencarian masyarakat, dalam waktu dekat akan kita usut. Ungkap Kepala Desa.
Sungai bunian berbatasan desa palas dengan desa kemang, Sungai resak itu berbatasan desa palas dengan terantang manuk.


ditegaskan Samsari AS bahwa PT Langgam Inti Hibrido telah melanggar undang-undang dan hukum adat (Suak sungai tasik danau sialang) karena dulu batas desa itu kan batas alam saja.
kita kemaren mendapatkan surat dari PT Langgam Inti Hybrido menyatakan bahwa masyarakat tidak diperbolehkan lagi memancing di sungai di kawasan PT Langgam Inti Hybrido, lalu kita sampaikan kepada PT Langgam Inti Hybrido bahwa tidak ada hak yang bisa melarang masyarakat memancing di sungai di kawasan PT Langgam Inti Hybrido. tegas Kades Palas H Samsari AS.


Harapan kita kepada PT Langgam Inti Hybrido jangan sampai melanggar aturan yang berlaku dan hukum adat di desa palas. kata Kepala Desa Palas H Samsari AS.tutupnya.

"Mewakili Pihak perusahaan Humas PT. Lannggam Inti Hybrido, Yusman ketika dikonfirmasi melalui via whatsapp (WA),Ponsel 0812677xxxxx
Rabu 25 April 2018, tidak memberi jawaban klaripikasi terkait hal tersebut.(md)