Thursday, 15 March 2018 | 00:59:31 WIB | 100 Pembaca

HULU ANAK SUNGAI HILANG,BERUBAH MENJADI KANAL PT.ADE PLANTATION

Sosial Dan Budaya

Foto:

 


Pangkalan Kerinci, portalriau.com. adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus- menerus dari hulu (sumber) menuju hilir ( muara),

Sungai ialah merupakan sebuah aliran air yang sumber utamanya berasal dari alam yang mengalir-ngalir dari tempat yang tinggi menuju ketempat yang rendah.


Sesuai dengan  Keputusan Menteri Kehutanan No. 353/KPTS-II/1986 Tahun 1986 tentang Penetapan Radius/Jarak Larangan Penebangan Pohon dari Mata Air, Tepi Jurang, Waduk/Danau, Sungai dan Anak Sungai dalam Kawasan Hutan, Hutan Cadangan dan Hutan Lainnya.


Salah satu Perusahaan begerak dalam bidang Perkebunan Kelapa Sawit yang beroperasi diwilayah pemerintahaan Kabupaten Pelalawan khususnya di Desa Palas. Rusaknya lingkungan Akibat dari operasional PT.Ade Plantation membuat beberapa anak sungai yang hilang bak ditelan badai perkebunanan kelapa sawit.


Dilihat pakai satelite untuk diwilayah HGU PT.Ade Plantation terdapat beberapa aliran anak sungai yang hulunya berubah menjadi Canal PT.Ade Plantation.


Ketua pemuda " Nirin" dikonfirmasi tim awak media dilapangan menyebutkan di Area PT.Ade Plantation yang beroperasi di desa palas, ini dahulunya di areal ini ADA Aliran Anak Sungai tetapi kondisi saat sekarang berubah menjadi kanal bak seperti pertumbuhan kelapa sawit di daerah kita ini.


Kita berharap kepada pihak instansi pemerintah terkait membidangi untuk dapat menyelesaikan permasalahan  hulu dari aliran anak sungai. Diakhir pemuda setempat."Nirin"