Wednesday, 29 August 2018 | 11:28:34 WIB | 115 Pembaca

Jambore TP.PKK Tingkat Kabupaten Pelalawan Kita Tingkatkan Integritas Dan Sportifitas Kader 2018

advertorial

Foto: Jambore TP.PKK Tingkat Kabupaten Pelalawan

Jambore TP.PKK Tingkat Kabupaten Pelalawan Kita Tingkatkan Integritas Dan Sportifitas Kader Dalam Berinovasi Dan Kreasi Tahun 2018

 

Portalriau.com - PANGKALAN KERINCI - Jambore TP-PKK tingkat Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu program pembangunan dalam meningkatkan kehidupan yang sehat dan cerdas, merupakan kegiatan rutin tahunan jambore Tingkat Kabupaten.(29/08/2018) Mekanisme dan jaringan kerja PKK dari Tim Penggerak PKK Pusat sampai dengan Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan, Kelompok PKK Dusun/Lingkungan, Kelompok PKK RW/RT dan Kelompok Dasa Wisma terbentuk karena gerakan PKK adalah bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan masyarakat, karena itu PKK menggunakan mekanisme penyelenggaraan pembangunan masyarakat.

 

PKK sendiri mempunyai 10 Program Pokok, sebagai berikut:
10 Program Pokok PKK

 

- Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
- Gotong Royong
- Pangan
- Sandang
- Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga
- Pendidikan dan Keterampilan
- Kesehatan
- Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
- Kelestarian Lingkungan Hidup
- Perencanaan Sehat

 

Untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, telah dilakukan oleh 4 Kelompok Kerja secara luwes dan koordinatif, yaitu :

 

1. Pokja I :
a. Bidang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
b. Bidang Gotong Royong.

 

2. Pokja II :
a. Bidang Pendidikan dan Keterampilan;
b. Bidang Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

 

3. Pokja III :
a. Bidang Pangan;
b. Bidang Sandang;
c. Bidang Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.

 

4. Pokja IV :
a. Bidang Kesehatan;
b. Bidang Kelestarian Lingkungan Hidup;
c. Perencanaan Sehat.

 

Sekilas mengenai PKK dan program pokok beserta pembagian pokja-pokjanya sebagaimana uraian diatas, semoga bisa menambah wawasan kita dan mampu menambah informasi agar nanti tidak kebingungan ketika ditanya mengenai PKK. Ketua TP.PKK Kabupaten Pelalawan Hj, Ratna Mainar Harris menyampaikan dalam bahwa semenjak tahun 1972, 10 ( sepuluh ) program pokok PKK dilaksanakan di Indonesia PKK sebagai unsur pembangunan bangsa memiliki misi mulia dalam memberi dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga dengan mengutamakan SDM sejak bayi dalam kandungan hingga tumbuh dan berkembang menjadi balita, remaja sampai lanjut usia. Selanjutnya, mempunyai peran dan aktualisasi para kader dan penggerak PKK beserta jajaranny dalam upayanya masyarakat gerakan PKK dan meningkatkat pemahaman masyarakat tentang keberadaan.

 

 

Tujuan program dan Kegiatan TP PKK adalah dalam rangka memperdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga serta memupuk kepedulian, memotivasi menggugah semangat dan inisiatif untuk terus aktif dalam kegiatan PKK dan sangat besar manfaatnya, mempunyai arti penting dalam upaya Pemerintah Kabupaten Pelalawan menggalakkan Pembangunan yang bermuara pada peningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik. Ungkapnya Ketua PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris.

 

 

Jambore PKK menjadi salah satu sarana untuk menjaga semngat kerja para kader PKK. Didalam jamboree yang mengutamakan pola kebersamaan yang didasari saling asah, asih dan asuh akan dapat menguatkan koordaisai dan mobilisasi para kader. Keaktifan para kader PKK akan sangatlah menentukan keberhasilan gerakan PKK yang tertuang dalam 10 program Pokok PKK. Oleh sabebitu jamboree kader PKK ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan para kader dan juga untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Terang Hj. Ratna Mainar Harris.

 

 

Jambober kader PKK Tingkat Kabupaten Pelalawan ini tidak hanya di jadikan wahana untuk saling berbagi pengalaman dan meningkatkan wawasan bagi kader PKK dalam melaksanakan semua program PKK sebagai landasan untuk menuju keluarga sejahtera juga sebagai dukungan terhadap pemerintah dalam melaksanakan pembangunan menuju PELALAWAN EMAS.

 

 

Hal ini sesuai dengan Tema Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pelalawan Tahun 2018 “ Melalui Jambore Tim Penggerak PKK Tingkat Kabupaten Pelalawan Kita Tingkatkan Integritass dan Sportifitas Kader PKK Dalam Berinovasi dan Berkreasi”. Ungkapnya Hj Ratna Mainar Harris. Dalam penyampaian kata sambutan Bupati Pelalawan HM Harris bahwa didalam kebijakan kebijakan pembangunan daerah yang melalui PKK yang cukup signifikan pembangunan di desa-desa, kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan dan ini berkat dari ibu-ibu PKK yang bernaungi atau yang aktif dalam kegiatan – kegiatan seperti program dan begitujuga organisasi- organisasi ditengah masyarkat tentang pembangunan.

 

 

Yang di sampaikan ibu Ketua PKK tadi bahwa kita mempunyai target RPJMD kita adalah PElalawan EMAS ( Ekonomi , Mandiri, Aman dan Sejahtera ) dan oleh itu mari kita jaga keutuhan kita sesame kita jang terjadi kita mendengar isu-isu yang memecah belah kita dan begitu juga kepada ibu-ibu PKK desa dan Kecamatan, kelurahan yang saya rasa sudah cukup bagus mempunyai wawasan yang cukup tinggi.

 

 

Sebenarnya kita mempunyai target menuju 2025 dan begitu juga 2045. Bagaimana kita kedepannya generasi kita tidak tertinggal pengembangan pembangunan sampai ke Nasional. Harapan Bupati Pelalawan HM Harris kepada Kader PKK manyampaikan dalam kegiatan-kegiatan PKK di desa, Kelurahan dan di Kecamatan bagaiaman para kader-kader ini mempunyai INOVASI dan atau apa yang harus dikembangkan untuk lapangan kerja, begitu juga dengan Budaya dan adat di daerah kita masing masing dan apa potensi kita. Ungkap Harris.

 

 

Apabila kita tidak mensosialisasikan maka kita otomatis di desa kita tidak akan mungkin dikenal orang dan kalau ada isu-isu yang berkembang di medsos tentang buadaya kita, mungkin dia belum punya wawasan sampai disana dan ini merupakan saing kita untuk budaya global. Jelasnya Harris. Tetap kita tegakkan budaya kita begitujuga budaya lokal dan tetapi kita harus memacu tetap memacu ketertinggalan kita untuk pencapaian target 2030. Terang Harris. (Advertorial/ Erizal)