Populer
Wednesday, 23 January 2019 | 09:24:23 WIB | 170 Pembaca

KNPI BerSinergi Dengan Program Sabu Mempro merupakan inovasi dari Disdukcapil Pelalawan

pemerintahan

Foto:

Portalriau.com = Pelalawan = Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pelalawan mensosialisasikan program kerjasama "Sabu Mempro" dengan Rumah Sakit, Puskesmas, Bidan Penolong Kelahiran dan Bidan Kampung di dua Kecamatan diantaranya Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bandar Sei Kijang yang diselenggarakan di Ruang rapat Puskesmas BLUD Langgam. 22 Januari 2019.

 

Dalam acara Sosialisasi Program "Sabu Mempro" Disdukcapil Kab.Pelalawan dihadir Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pelalawan H. Nipto diwakili oleh Sekretaris Disdukcapil Kab.Pelalawan Joni Naidi, Kepala Puskesmas Bandar Sei Kijang Drg Alii Amri Harahap, Kepala Puskesmas Blud Langgam Dewi melati, SST, Ketua KNPI Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST,MT, Bidan Dukun Kampung dan pemerhati kesehatan lainnya.

 

Kepala Seksi Hubungan Kerjasama Disdukcapil Kabupaten Pelalawan Syarbaini Hakim S.Pd dalam penyampain bahwa Masyarakat harus memiliki dokumen dengan cepat, tepat, akurat dan mudah, inilah inovasi kerjasama yang kita lakukan yang diberi nama "SABU MEMPRO" yaitu memberikan NIK, memasukkan anak kedalam daftar anggota keluarga, mencetak KK, menerbitkan Akta Kelahirannya dan menerbitkan Kartu Identitas Anak. ending dari semua itu kita ingin "Membahagikan Masyarakat". Dalam urusan pemenuhan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

 

Disdukcapil Kabupaten Pelalawan bagaimana membahagiakan dengan masyarakat memakai Program "Sabu Memproperlu kelengkapan Adminstrasi seperti Foto Dokumen Asli KK Orang Tua, KTP kedua orang tua, Surat Nikah, Akte Kelahiran , KIA "Kartu Identitas Anak.

 

Ditambahkannya,khususnya Disdukcapil Kabupaten Pelalawan berkerjasama dengan pihak Rumah sakit, Puskesmas dan lai-lain, Ketika anak baru lahir masyarakat tidak perlu lagi membuat akta kelahiran di Disdukcapil karena anak yang baru lahir di puskesmas itu sudah langsung mendapatkan Akta Kelahirannya.

 

Untuk saat sekarang ini, kita akan mencoba di dua puskesmas yang ada di Kabupaten Pelalawan diantaranya Puskesmas Langgam dan Puskesmas Bandar Sei Kijang.

 

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Pelalawan Joni Naidi memberikan arahan kepada Kedua Kepala Puskesmas menyampaikan bahwa Bagaimana disdukcapil memberikan pelayanan kepada masyarakat mempercepat proses pembuatan Akta Kelahiran ketika anak lahir dipuskesmas, dirumah sakit, dirumah bidan dan lain sebagainya.

 

Ketua KNPI Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST,MT dalam penyampaiannya bahwa dari hasil kita turun ditengah-tengah masyarakat dan memang banyak terkendala pada kepemilikan identitas.

 

Ketika kita datang ditasik indah, masyarakat menyampaikan kepada kita bahwa jumlah penduduk kita dua ribu orang dan cuma yang mempunyai KTP seribu dua ratus berarti ada delapan ratus orang yang belum mempunyai KTP.

 

Kalau ditelusuri, memang masyarakat ini mengalami kesulitan mengurus kartu identitas apalagi masyarakat yang tinggalnya jauh. Enggan meninggalkan pekerjaan dan mengurus ke Pangkalan kerinci dan tidak dilayani dengan baik.

 

Kita berembuk dengan teman-teman KNPI dan kita hanya punya tenaga, juga punya ide bagaimana supaya masyarakat itu lebih mudah mengurus kartu identitas. 

 

Dengan adanya permasalahan kepengurusan KTP, kami selaku KNPI kita menjembatani mempermudah masyarakat supaya seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Pelalawan sudah punya identitas. Jelas Adi Sukemi ST MT.

 

Dan juga kita sudah kordinasi kepada Dinas Kependudukan dan catatan sipil dan Dinas Kesehatan masalah akte kelahiran dan ini termasuk dalam program Bupati Pelalawan harus cepat, tepat dan murah. Kalau bisa gratis

 

Bagaimana kita mengajak masyarakat sadar dan ini adalah sangat penting, kita berharap dari yang tua sampai ke anak kita sudah terdata di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pelalawan. Harapan Ketua KNPI Adi Sukemi ST,MT

 

Di tambahkannya, kita mengajakan kepada semua elemen untuk bersama-sama bagaimana kita mensejahterkan masyarakat salah satunya memberikan identitas kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pelalawan. Imbuhnya Ketua KNPI K