Friday, 01 December 2017 | 11:01:47 WIB | 38 Pembaca

Polres Pelalawan Gelar Latihan Menembak bersama jajarannya

Olahraga

Foto:Kapolres memberikan contoh cara menembak

Pelalawan./portalriau.com/.Guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres Pelalawan melaksanakan latihan menembak sasaran.


kegiatan pelatihan menembak ini rutin digelar setiap enam bulan sekali. Latihan yang telah dijadwalkan berkala ini, di laksanakan lapangan tembak Cakra Manggala di belakang polsek Kerinci Kanan Kab.Siak,yang dipimpin langsung oleh Kabag Sumda Polres Pelalawan Kompol Sumarno, Kamis pagi (30/11/2017 ) dan adapun personil kepolisian yang wajib mengikuti pelatihan menembak ini yakni seluruh personil Polres Pelalawan.

Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Polres Pelalawan, khususnya dalam menggunakan senpi, baik laras panjang maupun laras pendek.

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan kemahiran dalam menggunakan senjata api,” jelas Kompol Sumarno.

Lanjut Kompol Sumarno bahwa latihan menembak ini dilaksanakan agar anggota dalam menggunakan senpi tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, yang dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota dalam menggunakan senpi.

" Latihan ini juga dimaksudkan untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas " pungkas Kompol Sumarno.

Kompol Sumarno juga menambahkan bahwa untuk latihan kali ini, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 ,sedangkan untuk latihan menembak dengan senjata api laras pendek, menggunakan senpi jenis refolver serta jenis taurus.

“Untuk anggota yang tidak memegang senpi disediakan senjata. Anggota yang memegang senjata selama bertugas diharuskan menggunakan senpi masing- masing,” tambahnya.

Sementara itu, untuk latihan menembak senpi laras panjang, anggota diharuskan menembak sasaran sejauh 25 meter dan untuk senpi laras pendek anggota melaksanakan latihan menembak sasaran sejauh 20 meter.

Lebih lanjut Kompol Sumarno menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan menembak Semester II tahun 2017 ini, dilaksanakan dalam 2 gelombang yaitu gelombang pertama dilaksanakan Kamis Pagi ini (30/11/2017) yang diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU ) dan Para perwira serta para Brigadir yang menduduki jabatan Perwira di Polres Pelalawan dan gelombang ke dua dilaksanakan hari Selasa tanggal 5 Desember 2017 yang akan di ikuti oleh para Kapolsek dan anggota polsek jajaran polres Pelalawan dan setiaf gelombang di ikuti oleh setengah dari jumlah personel polres Pelalawan.

“ kegiatan ini dilaksanakan selama dua gelombang yakni hari Kamis pagi ini dan hari Selasa, 5 Desember 2017 nanti ” tutup Kompol Sumarno.(rls/md)