Populer
Tuesday, 30 May 2017 | 15:49:27 WIB | 194 Pembaca

Danrem Buka Pelatihan Posko I Bencana Alam Kodim Rohil

karhutla

Foto:Komandan Korem 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI Abdul KariM membuka acara pelatihan Posko Komandan I Bencana Alam Kodim 0321 Rohil, Senin pagi

portal riau, BAGANSIAPIAPI - Komandan Korem 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI Abdul Karim membuka secara resmi Pelatihan Posko Komando I Bencana Alam di wilayah Kabupaten Rohil, di Aula Makodim 0321 Rohil Senin (29/5) pagi. 

Dalam acara ini dihadiri oleh Wabup Rohil Drs Jamiluddin, Kasipidsus Kejari Rohil, M Amriansyah, Kapolres diwakilkan Wakapolsek Bangko AKP Dodi, Kepala BPBD, H Azhar Achmad Ali, Satpol PP, Dandim Jajaran Korem 031, Danramil se Rohil dan perwakilan instansi vertikal serta prajurit TNI Makodim 0321 Rohil.

"Jadi ini pematangan antara prajurit dan Komandan, fokusnya untuk menanggulangi bencana. Khusus daerah Riau dan khususnya Rohil adalah musibah kebakaran hutan dan lahan," kata Danrem.

Jenderal bintang satu ini menyebutkan, dari beberapa wilayah yang berada di bawah Korem 031/Wirabima, Kabupaten Rokan Hilir mendapat prioritas dalam penanganan Karlahut. Pos komando ini merupakan program kerja Korem 031 Wirabima yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Untuk tahun ini, jatahnya Kodim Rohil sebelumnya di Bengkalis dan Inhil. Jadi pelatihan Posko I ini sasarannya adalah melatih Komandan Kodim beserta jajaran untuk membuat sebuah rencana kemudian melaksanakan secara administrasi,’’ ujar Danrem.

Disebutkan Jendral yang baru bertugas tersebut,  dalam satuan TNI, selain tugas pokok operasi militer, juga terdapat tugas membantu Pemerintah Daerah, termasuk dalam penanganan Karlahut. Melalui Pelatihan Posko I, Kodim 0321 /Rohil siap membantu Pemda dalam menangani bencana di wilayahnya.

"Ini tema yang sangat tempat dalam menyiratkan tekad yang kuat untuk membantu tugas Pemerintah Daerah dalam mengatasi kesulitan rakyat khususnya dalam penanggulangan bencana alam," ujarnya.  

Danrem menekankan ada 4 hal yang harus dipedomani dalam pelatihan posko ini. Pertama, jadikan latihan posko ini sebagai wahana untuk meningkatan kemampuan prosedur hubungan komandan dan staf dalam pengambilan keputusan.

Kedua, penyelengara dan pendukung latihan agar berperan secara proporsional dan profesional sehingga seluruh rangkain latihan berlangsung dengan tertib dan lancar. Ketiga, manfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai. Dan yang terakhir perhatikan keamanan dan keselamatan selama berlangsungnya latihan baik yang menyangkut personil, materil, kegiatan dan dokumen.

Acara akan berlangsung selama tiga hari kedepan dan dipusatkan di Makodim 0321 areal Perkantoran Batu Enam. Para prajurit diminta mengikuti kegiatan dengan baik dan serius. (Dpr/Af)