Populer
Monday, 12 September 2016 | 17:36:44 WIB | 424 Pembaca

Lepas Pawai Takbiran, Suyatno : Jadikan Idul Adha Sebagai Syiar Agama Islam

Idul Adha

Foto:

BAGANSIAPIAPI - Pawai takbiran idul adha merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) setiap tahunnya. Tujuannya utamanya adalah untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus melakukan syiar agama islam dinegeri seribu kubah.

Demikian disampaikan Bupati Rohil, H Suyatno Amp saat melepaskan secara resmi pawai takbir idul adha 1437 H tahun 2016 M, Minggu (11/9) malam dihalaman kantor Bupati Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi. Pawai takbiran itu diikuti sebanyak 55 peserta yang berasal miniatur/non miniatur dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Sekretariat DPRD Rohil, Masjid/musala, Ormas, lembaga swasta, dan sekolah.

Pelepasan pawai takbiran itu diawali dengan takbiran pertama yang dikumandangkan oleh Bupati Suyatno, Anggota DPRD Rohil Habib Nur dan Kepala Kemenag Rohil, H Agustiar SAg. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan beduk oleh Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Danposal Bagansiapiapi Ari Solikhin, Ketua MUI Rohil Drs H Wan Achmad Syaiful Msi, Camat Bangko H Julianda S Sos, dan Ketua PCNU Rohil H Sakolan Khalil.

Suyatno mengajak seluruh masyarakat untuk menyikapi makna idul adha dengan cara berdoa dan berkurban bagi yang mampu sebagaimana yang dilakukan oleh para sahabat nabi Muhammad Saw. Selain itu, momentum ini bisa juga dijadikan untuk mempererat tali silaturahmi, karena silaturahmi tidak hanya dilakukan dengan mendatangi rumah, akan tetapi bisa dilakukan dengan saling ingat mengingati sesama kerabat, "Katanya.

Pada Kesempatan itu Bupati juga mengajak masyarakat rohil untuk bersama-sama mendoakan para Jemaah haji tahun ini dalam keadaan sehat walafiat dengan selamat pergi dan selamat pulang kekampung halamannya masing-masing. "Doakan juga saudara kita yang tahun ini melaksanakan ibadah haji ketanah suci agar mereka bisa cepat berkumpul dengan sanak saudaranya, "Ajak Suyatno.

55 peserta yang mengikuti pawai takbiran idul adha itu terdiri 21 peserta berasal dari Miniatur SKPD pemkab Rohil dan Sekwan DPRD Rohil, 9 Peserta berasal dari Musala dan Sekolah, 2 Peserta dari masjid. Kemudian peserta non miniatur berjulah sebanyak 24 peserta yang terdiri dari SKPD, lembaga swasta, ormas dan sekolah.

Kemudian rute pawai takbiran idul adha itu dimulai dari Jalan merdeka (Depan kantor Bupati Rohil'red) menuju kejalan pahlawan, Jalan Bangko, Jalan perwira, dan berakhir dijalan merdeka. (Dpr/Af)