Populer
Thursday, 07 November 2019 | 10:45:33 WIB | 509 Pembaca

Parit Aman Dijadikan Sebagai Desa Wisata Baru

advertorial

Foto:Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp Resmikan Kampung Bersih Merah Putih

Portalriau.com - BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp menyampaikan rasa bangga, dan apresiasi kepada Penghulu dan salah sesorang pemuda Kepenghuluan Parit Aman bernama Wawan yang telah mampu membangun komunikasi dan menggerakan partisipasi pemuda dan masyarakat dalam mempersolek dan menata lingkungan di Kepenghuluan Parit Aman menjadi Kepenghuluan yang indah. Sehingga, Kepenghuluan Parit Aman tumbuh dan berkembang menjadi Desa Wisata dan sekaligus sebagai destinasi Wisata baru di Kabupaten Rokan Hilir.

 

 

Menurutnya, dukungan dari Penghulu, dan peran serta dari lembaga masyarakat Kepenghuluan Parit Aman dan segenap warga masyarakat lainnya, menjadi modal dasar yang mengantarkan Parit Aman untuk nanti menjadi Desa Wisata Wisata yang pertama Kabupaten Rokan Hilir.

 

 

Suyatno meminta dilakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan olahraga terhadap prakarsa dan peran serta masyarakat Kepenghuluan Parit Aman, dan dapat pula Kepenghuluan Parit Aman sebagai peletakan dasar dalam pendampingan bagi spirit masyarakat Kepenghuluan Parit Aman dalam pengembangan Desa Wisata.

 

 

Terwujudnya Desa Wisata ini sangat dipengaruhi oleh keaktifan dan semangat membangun desa, dari jajaran lembaga penggerak masyarakat desa beserta masyarakatnya. 

 

 

Oleh karena itu Bupati Suyatno berharap masyarakat Kepenghuluan Parit Aman, selaku pemilik Desa sekaligus tuan rumah bagi para pangunjung, agar terus berupaya mewujudkan sadar wisata, dengan menerapkan program Sapta Pesona. Yakni memujudkan lingkungan desa yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan," Pesan Suyatno.

 

 

Selain dari pada itu, Ia juga minta di Kepenghuluan Parit Aman mengembangkan kreatif dan khas Desa yg unik, sehingga menjadi daya tarik untuk orang berkunjung ke Kepenghuluan Parit Aman. Penyajian kuliner yang nyaman, bersih dan higenis.

 

 

Apa yang telah dilakukan oleh Penghulu dan pemuda (Wawan) dan masyarakat Parit Aman dapat memotivasi Penghulu dan bermunculan di Kepenghuluan yang lain. Penumbuhan kembali semangat gotong royong merupakan sesuatu yang penting, karena semangat gotong royong merupakan budaya masyarakat desa yang perlu ditumbuhkembangkan dan dilestarikan," Tutup Suyatno.

 

 

**Resmikan Kampung Bersih Merah Putih

 

Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp meresmikan kampung bersih merah putih yang terletak dikepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko. Peresmian itu ditandai dengan penguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Rohil, Hj Wan Mardiana Suyatno.

 

 

Peresmian itu turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) rohil Drs H Jamiludin, Sekda Drs H Surya Arfan MSi, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Para Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Humas dan Protokoler Hermanto S Sos, Camat Bangko Rijalul Fikri, Para lurah/datuk penghulu, tokoh pemuda, dan undangan lainnya. 

 

 

Camat Bangko, Rijalul Fikri dalam sambutannya mengatakan kalau jumlah kepenghuluan parit aman saat ini beejumlah 4.621 jiwa. Selain itu masih banyak terdapat kantong kemiskinan. Namun demikian, masyarakatnya banyak pemikiran untuk membangun kampung agar setara dengan kampung-kampung yang lainnya. 

 

 

Agar terhindar dari lingkaran hitam narkotika, para pemuda dikampung itu diajak untuk melakukan kegiatan positif seperti olahraga dan kegiatan positif lainnya. "Terbentuknya kampung bersih merah putih ini berkat kekompakan masyarakatnya. Dimana masyarakatnya menghiasi rumah masing-masing menggunakan barang bekas, kemudian disetiap rumah dihiasi dengan pagar menggunakan bambu," Kata Rijalul Fikri. 

 

 

Masyrakat setempat sebut Rijalul sangat mengharapkan jalan dari bundaran perkuburan hingga ke simpang dua ratus bisa diperbaiki. Karena saat jalan tersebut kondisinya rusak parah. Selain itu, penerang listrik juga sangat dibutuhkan mengingat daerah itu sangat sepi dan sunyi.

 

 

Sementara itu, Bupati Suyatno menyampaikan kalau daerah parit aman memang banyak yang harus kita perhatikan, terutama masalah insfraruktur dan penerang listrik. "Kalau masalah jalan itu sudah diukur dan anggarannya akan dimasukkan dalam APBD. Kalau penerang jalan insya allah besok (Jumat'red) sudah dipasang," Ujarnya. 

 

 

Bupati mengakui kalau ia pertama kali melihat kampung bersih merah putih ini lewat WA yang dikirimkan oleh tokok pemuda setempat. "Kemaren saya lagi dijakarta, begitu masuk pesan saya lihat fotonya bagus, kemudian saya tanya itu daerah mana, ternyata parit aman," Kata Suyatno sembari memuji kalau rumah-rumah warga terlihat begitu cantik. (Adv Humas Pemkab Rohil)

Selengkapnya Foto "Parit Aman Dijadikan Sebagai Desa Wisata Baru"