Wednesday, 07 December 2016 | 16:17:35 WIB | 561 Pembaca

Polsek Bangko Periksa Senjata Api Anggota

lain-lain

Foto:

BAGANSIAPIAPI - Kepolisian Sektor (Polsek) Bangko melakukan pemeriksaan terhadap senjata api organik beserta iventaris seperti mobil yang dibawa oleh Jajaran anggota Polsek Bangko. Dalam pemeriksaan senjata api kali ini dipimpin langsung oleh Waka Polsek Bangko, AKP Dodi didampingi oleh Kanit Sabara, AKP Ali Buzar, Panit Iptu Julizar, Kanit Bimas Iptu Arifin, Kataut Aiptu Abdul kholid, dan Kasi Propram Johan Siahaan, (07/12)) di Mako Polsek Bangko, Jalan Perwira, Bagansiapiapi.

Dalam pemeriksaan tersebut, Satu persatu anggota personil Polsek Bangko di panggil untuk diperiksa mulai dari kelayakannya dan kebersihan serta masa berlaku surat izin membawa senjata juga diperiksa, apakah masa aktifnya masih bisa digunakan atau tidak. Bagi anggota yang tidak merawat senjata api nya maka wajib dibersihkan ditempat, seperti tidak pernah diberi minyak senjata dan tidak pernah di bersihkan debunya. Selain kebersihan senjata api, kelengkapan senjata api juga di cek seperti peluru senjata api tersebut sekaligus jumlah peluru yang dibawa.

“Pemeriksaan senjata api rutin digelar secara periodik dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana inventaris atau senjata api itu dijaga dengan baik,” Ujar Waka Polsek Bangko, AKP Dodi. Menurutnya,  pemeriksaan juga ditujukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisinya oleh anggota Polri khususnya anggota Polsek Bangko. Oleh sebab itu,  personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.”Hal itu guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dari hasil pemeriksaan terhadap surat izin dan kondisinya, senjata api yang dibawa jajarannya dalam kondisi lengkap dan layak digunakan. Kendati demikian, dirinya mengakui bahwa masih beberapa anggota kaget karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait rencana pemeriksaan senjata api itu. Bahkan, kata beliau, ada beberapa anggota yang ditegur karena kurang bersih dalam merawat senjata api yang dibawanya," Ungkap Dodi. (Dpr/Af)