Populer
Friday, 10 May 2019 | 08:15:56 WIB | 503 Pembaca

Pulau Jemur Miliki Potensi Perikanan

advertorial

Foto: Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi Launcing Pulau Jemur Wisatawan Melakukan Aktifitas Memancing

Portalriau.com - PANIPAHAN - Pulau Jemur yang terletak di kecamatan pasir limau kapas (Palika) juga menyimpan potensi berbagai jenis ikan besar. Pulau yang terletak diselat melaka dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia itu banyak dilirik para wisatawan baik lokal maupun manca negara Memilih pulau itu sebagai tempat memancing. Pada acara launcing yang dilaksanakan pemkab rohil dipulau itu ternyata dimanfaatkan oleh wisatawan dari berbagai daerah untuk melepaskan hoby memancingnya. Hasilnya tidak tanggung-tanggung, tiap wisatawan yang memancing mendapatkan puluhan ekor ikan jenis gerapu dengan berat mulai 2 hingga 7 Kilogram (Kg) perekornya.

Salah satu pecinta mata pancing yang tergabung dalam Rohil Fishing Club (RFC), mengaku kalau dirinya melakukan aktifitas memancing dari sejak siang hingga malam banyak mendapatkan berbagai jenis ikan. "mulai siang menjelang sore kita dari RFC mendapatkan ikan sebanyak 5 Kg setiap orangnya. Adapun jenis ikannya seperti Ikan Barakuda, Ikan Genting, Ikan Bawal, dan ikan Krapu. Tapi yang banyak adalah ikan krapu yang beratnya hingga mencapai 7 Kg," ucap wisatawan lokal tersebut.

Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi juga membenarkan kalau saat launcing pulau jemur memang banyak di manfaatkan oleh wisatawan melakukan aktifitas memancing, termasuk saya sendiri sebagai ketua RFC," Ujarnya. Ditambahkan, di pulau itu memang banyak pemancing dari sumatra utara (Sumut) yang memancing di pulau jemur.

Ia juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan sumber data alam (SDA) yang diberikan sang pencipta ini dengan sebaik mungkin. "Ini sangat luar biasa, karena di propinsi riau ini bisa dikatakan objek wisata yang terindah itu adalah pulau jemur, apalagi ditambah dengan kekayaan lautnya," Puji Surya Arfan sembari mempromosikan pulau itu ke klayak ramai agar di kunjungi para wisatawan dalam rangka meningkatkan PAD Rohil di sektor ke pariwisataan.

Sekda juga mengajak semua pihak terutama yang ingin berliburan untuk memilih pulau jemur. "Kalau pimpinan SKPD sudah kita sarankan jika ingin berliburan ke pulau jemur saja dari pada ke daerah lain. Bahkan, pemkab rohil nantinya juga akan memberikan penghargaan kepada datuk penghulu yang terbanyak membawa warganya mengunjungi pulau jemur," Janjinya.

 

*Pulau Jemur Sebagai Objek Wisata Andalan

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) telah resmi menjadikan Pulau Jemur yang terletak di kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) sebagai Objek Wisata Andalan Negeri Seribu Kubah. Hal ini dibuktikan dengan di bukanya secara resmi jalur transportasi laut Bagansiapiapi - Pulau Jemur. Peluncuran wisata pulau terluar yang letaknya berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia itu pemkab rohil juga membawa ratusan wisatawan dari berbagai daerah dengan menggunakan dua unit kapal milik pengusaha warga tionghoa Bagansiapiapi.


"Kita telah resmi melaunching pulau jemur sebagai objek wisata andalan. Dengan biaya yang relatif murah yakni perorangnya Rp400 ribu para pengunjung sudah bisa menikmati indahnya pulau jemur yang menyerupai pulau dewata, Bali tersebut," Kata Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi kemaren, di Pulau Jemur.

Pulau jemur sebutnya sangat terkenal dengan panorama yang indah dan pantainya berwarna putih sebagai tempat habitat penyu hijau. "Alhamdulillah tadi telah sama-sama kita saksikan launching perdana wisata Pulau Jemur berjalan lancar dan sukses. Tentunya dengan launching pada hari ini kami berharap akan secara rutin nantinya menjadwalkan atas kunjungan wisatawan ke Pulau Jemur," kata Surya Arfan.

Agar para wisatawan merasa nyaman dan betah saat berwisata, pemkab rohil akan melengkapi semua fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan nantinya. "Kami sadari di Pulau Jemur masih terbatas fasilitasnya, baik itu penginapan, air bersih, armada dan lainnya. Rencananya 2017 mess disini akan kami perbaiki. Apa yang menjadi harapan kita bersama akan kami upayakan sehingga setiap akhir pekan ada kunjungan wisatawan di Pulau Jemur," ucapnya.

Dirinya juga sangat optimis kalau pulau jemur nantinya akan ramai dikunjungi oleh wisatawan dunia. Pasalnya, saat ini pemkab rohil telah memiliki empat wisata yang setiap tahunnya ramai di kunjungi yakni Perayaan Imlek, Malam Cap Go Meh, Ritual Cheng Beng dan Bakar Tongkang. "Kesempatan itu akan kita manfaatkan agar wisatawan berkunjung ke pulau yang berbatasan dengan Selat Malaka itu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan menambahkan bahwa objek wisata Pulau Jemur bisa berhasil apabila pemerintah, pelaku dunia usaha dan masyarakat saling mendukung. "Jadi, Pulau Jemur ini merupakan sebuah mutiara, baru nampak keindahannya kalau dipoles dengan sarana dan prasarana. Semua itu perlu dukungan semua pihak," katanya.

Dirinya juga mengharapkan kepada Pemkab Rohil untuk menyiapkan sarana prasarana yang masih dibutuhkan di Pulau Jemur, termasuk kerjasama dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat. "tahun depan akan kita coba memperbaiki gedung peninggalan Belanda di pulau ini. Namun kami juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar pohon-pohon yang ada di pulau ini dikasih nama," Pungkasnya.


 

*Usulkan Rp33 Miliar ke Provinsi

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil mengusulkan dana sebesar Rp33 miliar ke Provinsi Riau untuk melengkapi sarana dan prasarana Pulau Jemur. "Kita usulkan dan harapan kita tahun bisa dimasukkan untuk menunjang objek wisata Bahari Pulau Jemur,"kata Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi.

Salah satunya usulan sarana Transportasi Kapal ferry besar dengan kapasitas 150 orang. Nantinya akan bisa membawa penumpang untuk berkunjung ke Pulau Jemur setiap akhir pekan. Ia mengatakan, pemkab gencar melakukan lobi-lobi sehingga secara bertahap Pulau Jemur bisa memiliki fasilitas yang menunjang sebagai daerah Objek Wisata. "Ini salah satu upaya kita selain dana Provinsi kita juga upayakan lobi untuk menarik dana pusat diberbagai kementrian," Paparnya.


Untuk tahap awal ini sebutnya Pemkab menggandeng pihak swasta untuk sarana Transportasi menuju Pulau Jemur. Nantinya akan rutin berangkat setiap pekan tepatnya pada hari Sabtu. "Promisi sudah gencar dan antusias masyarakat cukup bagus dan sudah ramai yang memesan tiket. Tentunya tak hanya wisatawan dalam negri kita juga melirik wisata manca negara untuk berkunjung ke Pulau Jemur," Pungkasnya. (Advertorial/Humas/DPR)

Selengkapnya Foto "Pulau Jemur Miliki Potensi Perikanan"