Populer
Monday, 06 November 2017 | 08:35:00 WIB | 42 Pembaca

Bupati Rohul Buka Pelantang Rohul Bulan Bahasa di SMAN 1 Rambah

advertorial

Foto:

Portalriau.com - PASIRPANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Suparman S.Sos MSI buka acara 'Pelantang Rohul Bulan Bahasa SMAN 1 Rambah 2017' di Pasirpangaraian, Senin (6/11/2017). Pembukaan acara bertema 'Dengan Bulan Bahasa Mari Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme dan Rasa Cinta Bahasa Indonesia' di SMAN 1 Rambah turut dihadiri Kepala Disdikpora Rohul Ibnu Ulya, Kasat Binmas Polres Rohul, Lurah Pasirpangaraian Mukhlis, Plt Kepala SMAN 1 Rambah Yulian, serta para majelis guru dan lainnya.

 

Berbagai lomba digelar pada acara 'Pelantang Rohul Bulan Bahasa SMAN 1 Rambah 2017' dan akan diikuti pelajar SMA dan SMP‎ sederajat, dan resmi dibuka oleh Bupati Rohul Suparman ditandai dengan pemukulan gong. Bupati Rohul Suparman, dalam sambutanya mengapresiasi dan sangat mendukung acara 'Pelantang Rohul Bulan Bahasa ‎SMAN 1 Rambah Tahun 2017' yang digelar di aula pertemuan SMAN 1 Rambah. 

 

Menurut Bupati, kegiatan tersebut sangat positif bagi generasi muda Rohul dalam membangun daerah dengan motto 'Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau' melalui bahasa. Mantan Ketua DPRD Provinsi Riau mengatakan bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat baik. Untuk itulah, pemuda Rohul harus bangga sebagai penerus berkarya dan menjadi pencetus acara bulan bahasa tersebut.

 

Diakuinya, dengan bahasa tentunya hal ini bisa menyatukan bangsa. Bupati berharap generasi muda untuk tetap bangga menggunakan bahasa yang santun dan berkualitas. "Bahasa merupakan cerminan dari individunya, jadi semakin baik bahasanya tentunya akan semakin baik pula pribadinya," jelas mantan Ketua KNPI Provinsi Riau.

 

Bupati Suparman menjelaskan saat ini banyak bahasa yang digunakan di kalangan remaja yang dirasa kurang pas untuk kepribadian bangsa Indonesia yang dikenal santun dan ramah. Bahasa Indonesia, diakui Bupati, juga sebagai bahasa pemersatu bangsa dan tidak akan pernah terkikis oleh kemajuan zaman meskipun sering didengar bahasa gaul oleh para generasi muda maupun siswa. "Nah, pasti kita pernah mendengar bahasa-bahasa gaul yang digunakan oleh generasi muda kita. Ini menjadi perhatian bagi kita semua, termasuk bagi para guru," ujarnya.

 

Bupati Suparman mengimbau kepada tenaga pendidik maupun generasi muda, untuk tetap bangga mengunakan bahasa dalam negeri, yakni Bahasa Indonesia. "Jangan sampai generasi kita sendiri tidak mau menggunakan bahasa kita, jadi jangan takut ketinggalan zaman, karena bahasa merupakan identitas kita. Saya berharap melalui bulan bahasa ini, generasi muda bisa berkarya lewat bahasa," harap Bupati Rohul Suparman. Sementara, Plt Kepala SMAN 1 Rambah ‎Yulian mengucapkan banyak berterima kasih atas dukungan dari Bupati Rohul, dan telah membuka acara yang digelar di sekolahnya. "Kita berharap generasi muda bisa bangga menggunakan Bahasa Indonesia. Dengan begitu bangsa ini akan semakin hebat," katanya.

 

Yulian mengaku lomba diprakarsai OSIS SMAN 1 Rambah‎ akan diikuti seluruh SMA se-Rohul. Sedangkan untuk lomba tingkat SMP hanya diikuti sekolah di sekitaran Kecamatan Rambah saja, baik berstatus negeri dan swasta.‎ "Kita juga berharap dengan lomba Bulan Bahasa yang dipusatkan di sekolah kita sebagai ajang silatuhrahmi antara sesama sekolah dan siswa," harap Yulian. (Advertorial/Humas/DPR)