Populer
Thursday, 01 September 2016 | 16:30:04 WIB | 351 Pembaca

Disnakan Rohul Tebar 10 Ribu Benih Ikan di Sungai Deras Hulu

pertanian

Foto:

ROKAN HULU-Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  melepas 10 ribu benih jenis Ikan mas, di Sungai Dusun Sungai Deras Hulu, Desa Rambah Tengah Barat (RTB), kecamatan Rambah, Rabu (31/8).

Pelepasan benih ikan mas itu, langsung  dilakukan oleh Kadisnakan Rohul, Drs. Marjoko, didampingi Kepala Desa RTB Sofian Daulay, serta ketua kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas), Budidaya Ikan Sejahtera Bersama, Idris. Pada pelepasan benih ikan di sungai deras tersebut, turut disaksikan oleh pihak TNI dan Polri serta ratusan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakan) Rohul, Marjoko setelah melepaskan benih ikan di Sungai Deras menghimbau kepada masyarakat sekitar dan kelompok tani, agar bisa menjaga kelestarian ikan yang telah direstoking ‎di Sungai Deras, sebanyak 10 ribu ekor.

"Saya himbau, kalau sudah dilepas, masyarakat dan kelompok tani bisa menjaga kelestarian benih ikan mas, dengan tidak menuba (Meracun) dan melakukan sentrum dalam mengambil ikan di sungai," katanya.

Tuba dan ‎sentrum kata Marjoko merupakan cara yang salah dalam mengambil ikan disungai maupun di danau, karena, dua cara tersebut akan memusnahkan kelangsungan ikan, dengan begitu ikan di Rohul akan menjadi punah.

Tambahnya,  mengambil ikan dengan cara menuba atau sentrum, membuat ikan-ikan yang masih kecil ikut mati. Sehingga generasi penurus dari ikan tersebut juga akan terhenti, mengakibatkan ikan menjadi punah.

Untuk itulah, demi melestarikan populasi ikan, pihaknya menebar bibit ikan, sesuai dengan permintaan masyarakat. Sehingga popuylasi bisa bertambah dan semakil banyak.

Jelasnya, penebaran benih ini, juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, mengambil hasil dari kawasan yang telah di tabur benih ikan.

"Semoga saja benih yang ditanam 10 ribu bisa lebih dari ini, bila masyarakat mau menjaganya. Saya yakin bila ini memang benar diawasi, masyarakat disisni bisa mengambil hasil nya, hingga anak cucu," jelasnya.

Untuk bibit sendiri, pihaknya langsung mengambil dari Balai Benih Ikan (BBI) di Rambah, untuk jenis ikan mas. Namun bila masyarakat ingin menambahnya lagi, pihaknya akan segera merealisasikanya.

Masih ditempat yang sama, Kades RTB Sofian Daulay mengaku sangat senang dengan adanya bantuan bibit dari penerintah, sekitar 10 ribu. Untuk itulah, pihaknya dan kelompok tani akan menjaga bibit ini hingga masa pemanenan.

"Dengan adanya bibit ikan yang disebar ini, tentunya ‎akan membuat sungai menjadi bersih, karena masyarakat sekitar kebanyakan MCK nya di sungai," imbuhnya.

Sementara Ketua Kelompok budidaya ikan dusun Sungai Deras Idris mengaku pihaknya telah membuat kesepakatan bersama masyarakat Sekitar. Bila ada masyarakat yang mengambil ikan di sungai sepanjang 5 KM. Pihaknya akan memberikan sanksi. "Setelah 6 bulan lagi kita akan panen bersama. Kita akan berusaha untu menjaga sungai larangan ini, agar tidak diambil," pungkasnya. (dpr/adv/hms)