Tuesday, 15 May 2018 | 10:10:19 WIB | 321 Pembaca

Ini Pesan Plt Gubernur Riau Pada Hulubalang LAMR Rohul yang Dikukuhkan

advertorial

Foto: Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rokan Hulu (Rohul) H. Tengku Rafli Armien S.Sos ?mengukuhkan Pengurus dan Anggota Hulubalang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul), di Kantor LAM Rohul, pada Selasa (15/5/2018).

Portalriau.com - PASIRPANGARAIAN ‎- Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rokan Hulu (Rohul) H. Tengku Rafli Armien S.Sos ‎mengukuhkan Pengurus dan anggota Hulubalang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul), di Kantor LAM Rohul, pada Selasa (15/5/2018). Dimana, ‎H. Syafaruddin Poti SH bergelar Panglimo Bosa Pagar Alam, menjadi ketua Umum Hulubalang LAMR Rohul‎, dan Sekretaris Minarli Ismail.

Pada acara pengukuhan pengurus Hulubalang LAMR Rohul tersebut dihadiri Plt Gubernur Riau, H. Wan Thamrin Hasyim, Bupati Rohul, H. Sukiman, Ketua MKA LAM Riau, Al Azhar, ketua LAM Riau Rohul, H. Zulyadaini, Dandim 0313/ KPR, letkol Inf Beny Setianto, Kapolres Rohul, AKBP M. Hasyim Risahondua, Kepala Kejari Rohul, Freddy Simanjuntak, serta kepala Dinas dan Badan Dilingkungan Rohul. Pada kesempatan tersebut, Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim berpesan kepada ketua Hulubalang Rohul dan pengurus untuk menjaga keamanan dan kedamaian di negeri seribu suluk. "Sesuai dengan julukannya Hulubalang, jadi tugasnya jelas yakni sebagai Tameng yang selalu berada di depan bukan dibelakang, sehingga Hulubalang adalah Orang pertamanya yang menghalau jika terjadinya konflik," katanya.

 

Ia menambahakan, Hulubalang yang merupakan Tameng negeri merupakan orang yang berada di depan jika ‎terjadi konflik yang mengancam kedaulatan tanah air dan tanah melayu, harus terus waspada. Diakuinya, saat ini banyak teror Bom yang terjadi di seluruh penjuru Indonesia, untuk itulah peran hulubalang juga menjadi penting dalam mendeteksi dini ancaman-ancaman teror ini.

 

Wan Thamrin meminta kepada Hulubalang Rohul agar membangun sinergitas dengan pemkab Rohul dan Forkopimda Rohul dalam menjaga keamanan. "Selalu ambil langkah Preventif jangan sampai sudah terjadi baru kita bergerak, tentunya banyak yang dirugikan. Bom itu tidak ada matanya, jadi harus tetap waspada," jelasnya. Lebih lanjut dijelaskanya, Hulubalang harus memberikan kontribusinya sebagai Tameng dan pengamanan daerah, terlebih umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. "Jalankan tugas dan fungsi dari Hulubalang dengan sebaik-baiknya, selalu jalin hubungan baik dengan Pemkab Rohul dan Forkopimda Rohul, sehingga Negeri Seribu Suluk Akan selalu aman," tuturnya.

 

Masih ditempat yang sama, ‎Ketua LAM Riau Rohul, H. Zulyadaini mengungkapkan, Hulubalang merupakan perlengkapan dari LAM yang memang harus terbentuk dalam menjaga Negeri ini. "Jadi Hulubalang ini bertugas menjaga negeri serta nilai-nilai dan hukum adat kita, yang dizaman Modren seperti saat ini sudah mulai hilang," sebutnya. Dirinya berharap Hulubalang bisa menjaga hum dan nilai-nilai adat di Negeri Seribu Suluk bagi generasi muda Rohul. (Advertorial/Humas/DPR)