Populer
Tuesday, 15 May 2018 | 11:40:01 WIB | 87 Pembaca

Jelang Ramadhan 1439 H, Bupati Sukiman Gelar Silaturrahim Dengan Ratusan Mubalig se Rohul

advertorial

Foto:

Portalriau.com - ROHUL - Menjelang masuknya bulan Ramadan 1439 H, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman, menggelar acara silaturrahim dengan 250 mubaliq dan Mubaliqah yang tersebar di 16 kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu yang dipusatkan di pendopo rumah dinas bupati, Selasa (15/5/2018 petang. Selain ajang silaturahmi dengan Pemkab Rohul, para Mubaliq yang hadir nantinya akan memberikan santapan rohani selama sebulan Ramadan di seluruh mesjid dan musalla yang ada di Kabupaten Rohul.

 

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Kakan Kemenag Rohul Drs H Syahruddin MSy, Pejabat Sekda Rohul H abdul Haris SSos MSi, penceramah Ustad H Baihaqi Adhuha Lc, Perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Murshid, Khalifah dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Rohul. Terlihat Bupati Rokan Hulu H Sukiman memberikan bingkisan cendramata kepada para Mubalig secara simbolis berupa Baju Koko, Sal, Kain Sarung dan sajadah serta menyerahkan bantuan kepada anak yatim. Sedangkan untuk mubaliqah diberikan bingkisan yang berisikan mukena, kain sarung.

 

Sukiman dalam sambutannya, menyampaikan pertemuan dengan para mubalig dan mubaliqah se Rokan Hulu merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang masuknya bulan Ramadan. Dalam rangka menjalin dan meningkatkan hubungan silaturahim antara ulama dan Umara. Karena ini dinilai penting. Apabila ulama dan umara sejalan seiring, maka umat akan tenang dan menjadi tentram. Karena itu, Ramadan, bulan yang ditunggu dan dirindukan oleh umat islam, maka sewajarnya dilaksanakan silaturrahim dan bermaaf-maafan serta masuknya bulan Ramadan yang disambut dengan gembira oleh umat.

 

Mantan Dandim Inhil itu, mengharapkan para ulama dan mubaligh dapat memberikan pencerahan umat, tidak saja dibidang keagamaan, tetapi juga menyampaikan informasi-informasi dan program yang sedang dan akan dilaksanakan Pemkab Rohul kedepan. ‘’Intinya dari pertemuan mubaligh ini, dari ceramah dan tausiahnya, dapat menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat, yang merupakan modal dasar bagi kekuatan umat yang harus dibangun di Negeri Seribu Suluk,’’ ujarnya.

 

Sukiman mengaku, pertemuan para Mubaligh sebagai bentuk respon dan semangat umat untuk beribadah yang sangat tinggi dibulan Ramadan. Tentunya kepada para ulama, dengan harapan lebih bergairah dan motivasi lagi memberikan penerahan dalam santapan rohaninya, sehingga Syiar agama semakin lebih baik.

 

Bupati mengimbau kepada masyarakat Rokan Hulu untuk tetap menjaga kondusifitas daerah ini.Bagi umat beragama islam untuk dapat  menjaga kesehatan selama bulan Ramadan agar selalu dapat melaksanakan ibadah puasa yang telah diperintahkan dalam alquran, agar menjadi orang-orang yang bertaqwa. ‘’Mari sama-sama kita jaga keamanan dan kenyaman serta kesehatan kita selama melaksanakan ibadah puasa pada tahun ini,’’tuturnya.

 

Sukiman mengatakan, pertemuan mubalig ini, untuk menyamakan persepsi dari para ulama, artinya, ceramah atau dakwah mereka, jangan sampai menimbulkan konflik. Tapi justru menyejukkan. Sesuatu hal yang bersifat perbedaan, tak perlu dibahas, karena suasana ramadan. ‘’Kita harapkan Dakwah yang disampaikan, menambah kekokohan dan kekompakan umat. Hal-hal yang bertentangan yang bersifat mungkin tidak diterima dalam komunitas jamaah itu tak perlu disampaikan. Ceramah ekstrim, perlu dihindari, karena dapat memecahkan umat. Bukankah tugas ulama itu untuk menyatukan umat,’’ tambahnya. (Advertorial/Humas/DPR)

 

Whoops, looks like something went wrong.