Populer
Monday, 01 August 2016 | 05:54:10 WIB | 516 Pembaca

Rohul Ditargetkan Penyumbang Produksi Jagung Hibrida Siapkan Lahan 2.500 Hektar

ROKAN HULU-Untuk Mencapai target Penanaman jagung Hibrida 1 juta hektar, Pemerintah Pusat pada tahun 2017 mendatang memberikan target 96 ribu Hektar (Ha) penanaman jagung hibirida kepada Provinsi Riau. 


Untuk mencapai target tersebut,  Dinas Perternakan Dan Pertanian Provinsi Riau mengharapkan Rohul salah satu kabupaten penyumbang produksi Jagung Hibrida terbesar. Hal itu didasari potensi lahan dan tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan tanaman jagung.

Kepala Dinas Perternakan dan Pertanaian Provinsi Riau Askardya R Patrianov, Rabu (27/7) lalu, menjelaskan pengembangan tangan Jagung Hibrida ini merupakan bagian dari target pemerintah untuk pengembangan jagung hibrida seluas 1 Juta Ha di seluruh Indonesia.

Dari luas tersebut, Riau ditargetkan  pengembangan tanaman jagung hibrida 96 ribu hektar, saat ini Dinas Perternakan Dan Pertanian Riau berupaya untuk mencapai target itu secara maksimal dengan dukungan dari Kabupaten/Kota di Riau.

"Kondisi lahan di Riau sudah sangat kritis, tentunya berharap banyak dari Kabupaten/kota khususnya Rohul untuk dapat menjadi penyumbang areal terbesar dalam merealisasikan Program Nasional itu.  Kesempatan bagi kita mendapatkan program ini, karena pemerintah pusat menyediakan anggaran yang besar untuk mensukseskan program tersebut," jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas  Tanaman Pangan dan Hortikulura (TPH) Kabupaten Rohul Mubrizal, kemarin mengaku Pemerintah Kabupaten Rohul siap untuk mewujudkan harapan pemerintah provinsi Riau tersebut, dalam rangka mensukseskan program upaya khusus seperti Padi Jagung dan Kedelai (Pajale)

Khusus untuk pengembangan tanaman jagung, lanjutnya, Rokan Hulu memiliki potensi yang sangat besar karena masih banyak memiliki Lahan Kering.
Mubrizal mengatakan, dari data yang ada, diperkirakan lahan kering yang dapat jadikan areal pengembangan tanaman jagung hibrida ini bisa mencapai sekitar 2.500 Ha. Namun pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan terkait status lahan kerin

"Kita siap mendukung Pemerintah Provinsi Riau untuk merealisasikan target yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat.Rokan Hulu salah satu daerah yang sangat potensi dalam pengembangan tanaman Jagung Hibrida," katanya 


Dia mengaku, areal lahan yang berpotensi untuk dijadikan pengembangan tanaman jagung hibrida ini yaitu lahan perkebunan masyarakat, karena tanaman jagung juga bisa dijadikan sebagai tanaman sela.Selain itu, lahan perkebunan yang akan memasuki masa replanting juga akan menjadi areal potensial untuk ditanami jagung hibrida

Kendati mengaku siap meningkatkan areal penanaman jagung hibrida, Mubrizal mengharapkan Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat kedepan tak hanya membantu bibit jagung Hibrida kepada petani, tetapi lengkap dengan Saprodi dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Hal ini bertujuan agar  hasil produksi jagung di Rokan Hulu bisa lebih meningkat dari tahun ini.(dpr/raj)