Saturday, 05 May 2018 | 08:00:43 WIB | 379 Pembaca

Rohul Jadi Tuan Rumah Riau Islamic Art Festival 2018

advertorial

Foto: Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ditunjuk Dinas Pariwisata (Dispar) Riau sebagai tuan rumah Riau Islamic Art Festival 2018.

Portalriau.com - PASIRPANGARAIAN - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ditunjuk Dinas Pariwisata (Dispar) Riau sebagai tuan rumah Riau Islamic Art Festival 2018. Kabid Ekonomi Kreatif Dispar Riau‎, R Dandun Wibawa mengungkapkan, untuk Riau Food Festival 2018 akan digelar selama tiga hari, dimulai pada Jumat malam (4/5/2018) dan berakhir Sabtu (5/5/2018)

‎"Riau Islamic Art Festival 2018 digelar dua malam dan malam puncak akan ditutup pada Sabtu malam (5/5/2018), menghadirkan orkes Debu dari Jakarta," katanya, Jumat (4/5/2018). ‎Dandun mengatakan, Riau Islamic Art Festival 2018 diprakarsai Dispar Riau merupakan bagian dari kegiatan Ekonomi Kreatif Bidang Pariwisata Provinsi Riau. "Mudah-mudahan tahun ke depan‎ tentu langkah yang lebih lagi kita lakukan, demi kemajuan pariwisata di Rohul," imbuhnya.

 

Lebih lanjut dijelaskanya, Riau Islamic Art Festival yang bernuansa religi akan digelar rutin di Kabupaten Rohul, pasalnya Rohul sangat pas untuk dijadikan pusat Islamic Art festival Di Riau. Diakuinya, Rohul memiliki berbagai kesenian religi yang perlu dilestarikan dan perlu diangkat kepermukaan, pasalnya Rohul sangat berpotensi untuk wisata Religinya.

 

Dandun menerangkan, Riau Islamic Art Festival ini sudah dilaksanakan selama tiga kali, dua tahun sebelumnya Riau Islamic Art Festival dilaksanakan di Kota Pekanbaru, dan di 2018 ini, dilaksanakan Di Rohul. "Kita memilih Rohul untuk menjadi tuan Rumah Riau Islamic Art Festival ini karena kita melihat Rohul lah yang paling pantas menjadi tuan Rumah," jelasnya. Dudung berharap dengan dijadikanya Rohul sebagai tuan Rumah Riau Islamic Art Festival, wisata religi yang ada di Rohul semakin dikenal oleh masyarakat luar, dan menjadi daya tari bagi Negeri berjuluk Seribu Suluk. ‎Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Rohul, Yusmar mengucapkan terima kasih kepada Dispar Riau telah menunjuk Rohul sebagai tuan rumah Riau Islamic Art Festival 2018.

 

"Semoga ada tindak lanjut di tahun-tahun mendatang, dan Rohul ditunjuk kembali menjadi tuan Rumah" harap. Yusmar mengaku, untuk even Riau Islamic Art nantinya akan ditampilkan beberapa kesenian bernuansa religi yang berasal dari Rohul. Dijelaskanya, kesenian bernuansa religi asli Rohul itu seperti ‎Ratik Togak, Ratik Tolak Bala, Berudah, Barjanji, Rebana, dan lain sebagainya. Dengan adanya ‎kegiatan Riau Islamic Art Festival ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan kesenian religi kabupaten Rohul. Sehingga Rohul bisa lebih dikenal oleh kabupaten lainya bahkan negara lain. "Kita berharap masyarakat bisa menyaksikan acara Riau Islamic Art Festival di Dataran Tinggi pematang baih, pasalnyta akan ditutup dengan penampilan orkes Debu dari Jakarta," pungkasnya. (Advertorial/Humas/DPR)