Thursday, 28 March 2019 | 08:29:19 WIB | 50 Pembaca

SMAN 2 Ujungbatu Satu-satunya Sekolah Model Berbasis IT di Provinsi Riau

Pendidikan

Foto:

Portalriau.com - PASIRPANGARAIAN - Seiring dengan kemajuan Ilmu Teknologi (IT) SMAN 2 Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). SMAN 2 Ujungbatu kini resmi menyandang gelar sebagai sekolah model satu satunya di Kabupaten Rokan Hulu dan Provinsi Riau yang menerapkan Ujian berbasiskan IT Android. Hal ini tak berkaitan dengan program terbaru yang diluncurkan SMAN 2 Ujungbatu dibidang kurikulum yang memberikan banyak kemudahan terhadap Guru, Siswa dan Panitia Ujian.

 

Sebagaimana diketahui Pemerintah Indonesia saat ini telah membangun Palapa Ring dan sistem 4 G dalam rangka menyongsong Industri 4.0. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 2 Ujungbatu, Zul Amili S.Ag, Kamis, (28/3/2019) mengatakan, Kemudahan program berbasiskan IT berupa Android dan Laptop berdampak terhadap penghematan pembiayaan perlengkapan Ujian seperti, Kertas Soal Ujian, Foto copy dan lain lain. Sebab Menurut Zul Amili, Pelaksanaan Ujian selama ini tidak terlepas dari soal ujian dari kertas. Namun berbeda bila diterapkan Ujian berbasiskan IT Android.

 

"Siswa atau peserta Ujian tentunya tidak akan lagi menggunakan soal Ujian dari kertas sehingga dapat penghematan biaya. Bahkan lebih daripada itu, Sistem Ujian berbasis kan IT atau Android lebih efesien, efektif dan expres, "terang Zul yang selalu ramah terhadap rekan wartawan. Tak hanya itu, Ujian berbasiskan IT/Android yang diakses melalui server IT tersebut memudahkan para guru untuk pemetaan soal, serta pemeriksaan hasil kerja peserta didik dalam pelaksanaan ujian. "Setelah peserta didik selesai melaksanakan ujian secara terprogram dan otomatis, kita sudah dapat menerima hasilnya persentasenya, termasuk juga pemetaan soal dari guru.  Dan masih masih banyak keuntungan lain dari ujian berbasis IT ini, "tandas Zul.

 

Lebih lanjut Zul Amili menambahkan, bahwa pihaknya telah melakukan promosi dan sosialisasi serta melakukan simulasi prediksi UNBK ke beberapa sekolah menengah pertama yang termasuk sekolah besar di wilayah Kecamatan Ujungbatu Rokan Hulu. Misalnya, SMP Negri 1 Ujungbatu, MTs Negri 2 Rokan Hulu, SMP Negeri 3 Ujungbatu dan beberapa sekolah Negri lainnya. "Alhamdulillah Tim Sosialisasi dari SMAN 2 Ujungbatu mendapatkan hasil dan sambutan positif. Besar harapan kami, semoga mereka juga dapat mengembangkan program sekolah berbasis IT, "imbuhnya.

 

Sementara Kepala Sekolah SMAN 2 Ujungbatu Malhadi S. Pd M. Pd. menyambut baik salah satu program yang diluncurkan pihaknya baru baru ini. Sebab, Program tersebut telah terbukti dapat mempermudah persiapan administrasi Ujian, Sehingga panitia pelaksana dan guru efektif dan efesien dalam pemetaan soal yang diuji kepada peserta didik. Berkaitan dengan sosiali, promosi, dan simulasi yang dilakukan oleh Tim IT SMA N 2 Ujungbatu ke sejumlah sekolah menengah pertama sederajat, kiranya dapat dijadikan sebagai sekolah binaan berbasis IT. "Kami berharap semoga salah satu program unggulan SMA Negeri 2 Ujungbatu kiranya dapat dikembangkan lebih baik lagi untuk masa mendatang, " tambahnya. (DPR/Padas)