Populer
Wednesday, 07 February 2018 | 20:43:26 WIB | 406 Pembaca

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, Membuka Pelatihan Batik

pemerintahan

Foto:

Portalriau.com - SIAK -  Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, membuka pelatihan batik di gedung wanita, Rabu (7/2/2018) pagi. Turut hadir Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Ketua TP PKK kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar, Perwakilan dari PT RAPP, camat Siak, dan ibu-ibu peserta pelatihan.

 

Dalam arahannya Bupati Syamsuar menyampaikan apresiasinya kepada pihak perusahaan yang telah peduli terhadap kemajuan dan kelestarian kekayaan budaya daerah.

 

"Saya tentunya mengapresiasi perusahaan PT RAPP melalui program CSR nya untuk memberikan bantuan pelatihan mem-batik bagi masyarakat Siak," ucap Syamsuar.

 

Dijelaskannya pula, ini konsekuensi bagi pemerintah daerah, maupun organisasi kemasyarakatan seperti Dekranasda Kabupaten Siak untuk ikut bertanggungjawab melestarikan dan mengembangkan kekayaan warisan budaya batik ini.

 

"Dibidang kebudayaan ini tidak hanya menjadi perhatian pemerintah saja, melainkan peran serta dari pihak lain sangat diharapkan demi kemajuan dan kelestarian kekayaan budaya daerah," jelasnya.

 

Dengan adanya pelatihan ini kata Syamsuar, bisa meningkatkan daya saing pengrajin batik di daerah, sekaligus memicu kreativitas peluang usaha bagi masyarakat lokal, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang berdampak memakmurkan masyarakat daerah.

 

Diujung sambutannya, Syamsuar menyarankan agar para pengrajin batik motif Siak, kiranya dapat memproduksi produk batik yang sesuai dengan segmen pasar atau mengikuti tren saat ini.

 

Direktur CD RAPP, Marzum menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu bagian PT RAPP dalam upaya untuk memberdayakan masyarakat. Tujuan pelatihan ini untuk pengetahuan dalam pembuatan batik, membuat peluang tenaga kerja di Kabupaten Siak, kemandirian untuk meningkatkan kesejateraan ekonomi keluarga.

 

''Pelatihan Membatik ini merupakan wujud kepedulian RAPP untuk memberi lebih baik kepada masyarakat daerah dengan berupaya menumbuh kembangkan daya saing para pengrajin batik berdasar kepada teknik pewarnaan alam yang sudah menjadi ciri khas batik Indonesia,'' ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua PKK kab Siak Hj Misnarni Syamsuar saat di temui di lokasi acara mengatakan, pelatihan batik ini di selenggarakan selama 5 hari dan diikuti oleh 15 orang ibu-ibu rumah tanggga dan remaja. Mereka semua, termasuk saya di latih dasar-dasar membatik.

 

“Pelatihan ini kita lakukan berdasarkan usulan dari masyarakat yang dibantu oleh perusahaan. Dalam pelatihan ini nanti di ajarkan cara bagaimana membatik mulai dari nol hingga proses finishing dan menjadi sebuah produk kain batik," ujar Misnarni yang juga ketua Dekranasda kab Siak.

 

Sementara itu Rani, salah seorang peserta pelatihan ini berkelanjutan dan tidak hanya kali ini saja. ” Saya sangat senang sekali dengan diadakannya pelatihan batik ini, dan saya juga berharap pelatihan ini berkelanjutan hingga kita benar-benar bisa," harapnya. (DPR/Infotorial)