Wednesday, 07 February 2018 | 17:39:57 WIB | 57 Pembaca

Bupati Syamsuar, Resmikan Pasar Rakyat di Tualang Siak Sediakan Ruang Pojok Asi dan Mesin ATM

pemerintahan

Foto:

Portal Riau. SIAK - Bupati Siak Drs. H.Syamsuar, M.Si hari ini meresmikan Pasar Rakyat di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Propinsi Riau, Rabu (07/02/18) pagi.


Pantauan Portal Riau.Com tampak ada ruang pojok ASI bagi ibu-ibu yang memiliki balita, ruang ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan ruang MCK.


Bangunannya yang terdiri dari 198 unit los dan 35 kios, dikonsep agar masyarakat atau pedagang yang ada di sana nyaman, khususnya para ibu yang masih menyusui balitanya.


Selain untuk kenyaman pengunjung pasar, sarana ruang pojok ASI ini sengaja dibuat, karena Kabupaten Siak berturut-turut meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak ditingkat nasional.


Bupati Siak Drs H. Syamsuar, MSi mengingatkan, agar pengelola pasar harus transparan dalam menerapkan manajemen pengelola pasar, sesuai dengan peruntukan Pasar Rakyat.


"Maju mundurnya pasar Kecamatan Tualang ini sangat tergantung pada tata kelola pasar. Untuk itu pengelolanya harus fokus pada peningkatan mutu layanan dan kualitas barang yang diperdagangkan. Termasuk soal takaran atau timbangan jangan pernah dimainkan," ujar Bupati.


Sambungnya lagi, bahwa keberadaan Pasar Rakyat Tualang dapat memberikan pengaruh bagi upaya peningkatan pendapatan para pedagang kecil, dan menyerap tenaga kerja.


"Produk hasil pertanian perkebunan, perikanan dan industri kecil yang dihasilkan masyarakat Siak bisa dipasarkan di sini," pungkas Bupati.


  Acara peresmian Pasar Rakyat Tualang itu, dihadiri oleh Asisten I.Setdakab Siak Budi, Waka Polres Siak Kompol Hariri, Kepala Dinas Perdagangan Siak H.Wan Ibrahim, ST.MT, Kepala Diskomifotik Drs.H.Arfan Usman.Mpd, dan OPD lingkup Pemkab Siak lainya, sejumlah anggota DPRD, Upika Tualang, tokoh adat, tokoh masyarakat, OKP dan lainnya.


Usai acara Peresmian, Bupati Syamsuar langsung mengecek ke los dan kios, sembari berbincang-bincang sejenak dengan pedagang, dan membeli berbagai makanan ringan, sayur mayur, serta petai mungkin salah satu lalapan kegemaran Bupati (Ser).