Wednesday, 04 November 2020 | 17:42:11 WIB | 109 Pembaca

Kasmarni Ziarah ke Makam Kakeknya Serta Makam SSK II dan Raja Kecik di Siak

Sosial Dan Budaya

Foto:

SIAK- Calon bupati Bengkalis no urut 3, Kasmarni S.Sos MMP bersama ibundanya  Hj. Tengku Rukiah melakukan ziarah kubur ke makam leluhurnya di Siak Sri Indrapura, Ahad (01/11/2020).  

 

Makam kakeknya Tengku Yahya binti Tengku Endut di 

Pemakaman Koto Tinggi merupakan makam pertama yang dikunjungi Kasmarni bersama Ibunya Hj. Tengku Rukiah. Dimakam ini, ibu dan anak  menundukan kepala  membacakan doa dan tahlil bagi almarhum ayah/kakek yang sudah mendahului mereka. Banyak kisah perjuangan seorang ayah/kakek bagi dua perempuan yang punya kedekatan hati itu. Kasmarni pun memegang erat tangan ibunya di pusara itu.

 

Usai memanjatkan doa di makam Kakeknya, Kasmarni bersama ibunya mendatangi makam Sultan Syarif Kasim II yang tak seberapa jauh dari makam Kakeknya.

Makam Sultan terakhir Kesultanan Siak Indrapura ini berada di belakang Masjid Syahabuddin Siak. Doa dan tahlilan pun dipanjatkan Kasmarni dan Bunda Hj Tengku Rukiyah dimakam Pahlawan Nasional itu.

 

Dari makam Sutan Syarif Kasim II, Kasmarnarni dan ibunya melanjutkan ziarah ke makam Raja Kecik  di 

Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak. Raja Kecil yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rachmad Syah I ini merupakan pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura. Jasanya sangat besar dalam membangun kerajaan baru di Buantan yang diberi nama Siak Sri Indrapura.

 

"Banyak orang-orang berjasa bagi Republik ini. Kita generasi penerusnya hanya bisa memanjatkan doa bagi para pendahulu kita. Mudah-mudahan diberi kelapangan kubur dan amal ibadahnya diterima Allah SWT," harap Kasmarni.

 

Sementara itu, usai ziarah kubur,  ibunda Hj. Tengku Rukiah menyampaikan langkah putrinya Kasmarni  memantapkan hati maju sebagai calon bupati Bengkalis mendapat restu penuh dari keluarga. Dia dan keluarga besarnya berdoa agar semangat dan tekad Kasmarni yang ingin memperjuangkan marwah melayu  dan marwah seluruh suku di  Kabupaten Bengkalis diijabah Allah SWT.

 

"Dia putri melayu yang ingin mengangkat marwah melayu dan marwah seluruh suku yang ada di  Kabupaten Bengkalis. Ibu hanya bisa berdoa agar apa yang menjadi cita Ikas ini (panggilan akrab Kasmarni-red) diijabah Allah SWT," harap Tengku Rukiyah(rls).