Sunday, 19 August 2018 | 08:13:15 WIB | 66 Pembaca

Meriahkan HUT RI ke 73 Warga Sei Betung Kampung Rempak, Gelar Permainan rakyat

Sosial Dan Budaya

Foto:

 


Siak (Portalriau.com ) Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73 warga Sei Betung Kampung Rempak, kecamatan Siak, Gelar berbagai macam permainan tradisional. Acara ini digelar di lapangan Dusun Sei Betung, Minggu (19/8/2018).

 

Terlihat para warga dan anak-anak antusias mengikuti acara demi acara. Ketua panitia Muttakin Alias Ujang menceritakan bahwa kegiatan ini dilakukan, dalam rangka untuk memeriahkan HUT RI ke 73, disamping itu juga untuk melestarikan budaya yang telah dilaksanakan sejak zaman dahulu.

 

"Permainan rakyat ini dalam rangka memeriahkan HUT RI dan sekaligus melestarikan budaya sejak zaman nenek moyang kita" kata Ujang.

 

Maka dari itu, lanjutnya, permainan ini perlu di lestarikan pada anak-anak seperti permainan panjat pinang, loncat karung, makan kerupuk, masukan paku dalam botol, tarik tambang dan lain sebagainya. 

 

Keseruan begitu terlihat dari ekspresi para peserta yang ikut berbagai perlombaan. Aksi lucu peserta yang mengundang gelak tawa dari penonton yang memadati tempat acara.

Ujang berharap kegiatan perlombaan ini, setiap tahun di laksanakan dan generasi berikutnya tetap melaksanakan kegiatan tersebut dan sebagai ajang silaturahmi sesama warga

 

Sementara di Kampung Benteng Hilir RT 3 RW 2, kecamatan Mempura, juga digelar kegiatan yang sama. Lomba dipisah menjadi tiga kategori, seperti individu anak, kelompok anak-anak, individu ibu-ibu, dan kelompok ibu-ibu.