Sunday, 29 April 2018 | 09:21:48 WIB | 40 Pembaca

UPZ IKPP Tualang Salurkan bantuan untuk Anak Yatim

pemerintahan

Foto:

 


Siak (Portalriau.com) Upz Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang, Sabtu lalu (28/4/18), melaksanakan kegiatan penyaluran dana zakat, sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim piatu. Acara ini berlangsung di Masjid Nurul Islam Komplek KPR I Perawang, Tualang.

 

Menurut Dadang Saputra, Selaku Ketua II bidang pendistribusian Baznas Kab Siak mengapresiasi Upz IKPP Perawang yang telah melakukan kerjasama dengan pihak Baznas  tentang hal pengumpulan zakat yang telah dipungut dari penghasilan para pegawai dan karyawan PT IKPP.

 

"Saya mengapresiasi kerja keras Upz di sini. Semoga menjadi amaliyah yang akan di terima diakhirat kelak," ucapnya.

 

Disamping itu, kata Dadang, pihak Baznas Kabupaten merasa bangga  pada masyarakat Tualang khususnya pada pegawai dan karyawan PT IKPP,  karena telah meningkatkan kesadarannya terhadap kewajiban mengeluarkan zakat dari harta dan penghasilan.

 

"Syukurlah pengumpulan zakat disini terus meningkat, dan kita semua tahu banyak manfaat zakat yang di peroleh, salah satunya untuk membantu kaum dhuafa," ucap mantan anggota legislatif Siak itu..

 

Dadang menambahkan, salah satu tujuan dibentuknya lembaga Baznas ini adalah untuk mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, Baznas harus bersinergi dengan lembaga pemerintah, pihak swasta, masyarakat dan akademisi. "Baznas memerlukan dukungan masyarakat, swasta dan akademisi untuk menghasilkan program-program yang dapat mengentaskan kemiskinan," sebutnya dihadapan masyarakat Perawang.

 

Sementara itu Ketua UPZ IKPP H.M Johan Arifin menyebutkan bahwa penyaluran zakat pada tahap I tahun 2018, berjumlah Rp.122 juta. Jumlah ini merupakan pengumpulan dari penghasilan para pegawai dan karyawan PT IKPP sejak Januari kemarin. Selanjutnya dilakukan pendistribusian kepada 114 Kaum Duafa dengan pola konsumtif dan pola produktif.

 

Johan bilang, Upz IKPP ini telah melakukan berbagai macam kegiatan, seperti melaksanakan sunat masal kepada 93 orang anak, bedah rumah dan santunan kepada anak yatim seperti yang kita lakukan saat ini sebanyak 25 orang.

 

"Patut kta syukuri kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat, terutama masyarakat di KPR I. Semoga pengumpulan zakat di sini terus meningkat," harapnya.


Tujuan memberikan bantuan tersebut adalah untuk motivasi penerimanya memperkokoh tali silaturrahim, dan dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian keluarga sehingga merubah kondisi dari menerima menjadi memberi (dari mustahik menjadi muzakki).


Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua II Baznas Kabupaten Siak Dadang Saputra, Wakil Ketua III Sulaiman, Ketua Upz IKPP H.M Johan Arifin, Bendahara Upz IKPP Wati Tanjung, Pengurus masjid Nurul Islam, tokoh agama dan ratusan mustahik.