Populer
Saturday, 18 February 2017 | 16:21:59 WIB | 453 Pembaca

Rekrut Naker Tak Lapor, Disnakertrans Dumai Panggil PT. ESM

Tenaga Kerja

Foto:Disnakertrans Dumai memanggil manajemen PT Energi Sejahtera Mas. Diduga perusahaan itu telah melakukan rekrutmen tenaga kerja tanpa melapor ke dinas itu.



PORTALRIAU.COM, DUMAI- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai telah memanggil HRD PT. Energi Sejahtera Mas (ESM) terkait dugaan telah melakukan rekrutmen tenaga kerja (naker) yang tidak melapor. 

Kepala Disnakertrans Kota Dumai, Amiruddin mengatakan pemanggilan itu untuk mempertanyakan kebenaran adanya rekrut tenaga kerja yang dilakukan pihak PT ESM pada tahun 2017 yang tidak dilaporkan ke Disnakertrans Kota Dumai. 


"Apa betul ada PT. EMS sudah melakukan rekrut naker. Kalau ada, kenapa sejauh ini kami tidak ada menerima laporan dari pihak perusahaan. Kenapa tidak mengumumkan secara terbuka kepada masyarakat," kata Amiruddin ke perusahaan. 


Amiruddin juga menyarankan kepada perusahaan jika rekrutmen naker hendaknya dipasang di papan pengumuman pada kantor Disnakertrans Kota Dumai biar para pencari kerja tahu adanya lowongan pekerjaaan di PT ESM. 

"Managemen PT. ESM dalam rapat bersama Disnakertrans Kota Dumai pada bulan Desember 2016 lalu, sudah berjanji akan melakukan rekrut Naker sesuai ketentuan yang berlaku. Tapi kenapa sekarang tidak menaati aturan itu," tanya Amiruddin, Jumat (17/2/17). 

Arif selaku HRD PT. EMS langsung menyangkal informasi yang disampaikan Kepala Disnakertrans Kota Dumai terkait adanya rekrut Naker baru, dan dia mengatakan pihaknya belum ada melakukan rekrutmen tenaga kerja (Naker) baru tahun 2017. 

"Informasi yang diterima oleh pencari kerja dari beberapa media online itu adalah informasi rekrutmen yang sudah dilakukan PT ESM beberapa tahun lalu. Jadi untuk tahun ini kita belum ada melakukan rekrutmen naker baru," jelas Arif, ke Amiruddin. 

Menurutnya, untuk tahun ini perusahaannya memang belum ada sama sekali melakukan rekrut tenag kerja. Sebelumnya memang ada sampaikan akan melakukan rekrut Naker pada bulan Februari ini, namun projek pengerjaan industri belum selesai. 

"Rencana untuk penerimaan pekerja baru ada, tapi projek belum siap maka rekrut Naker ditunda. Rencana rekrutmen Naker baru akan dimulai pada bulan Maret 2017 mendatang setelah projek pengerja industri rampung dikerjakan," katanya. 

Kadisnakertrans minta pihak PT. ESM tetap komitmen dan tidak mungkir janji atas kesepakatan yang telah dibuat. Selain itu, setiap melakukan rekrut Naker harus melaporkan ke Disnakertrans Dumai dan mengumunkan secara terbuka ke masyarakat. 

"Apapun alasannya saya mewakili pemerintah Kota Dumai minta kepada perusahaan untuk rekrutmen naker secara terbuka sehingga masyarakat khususnya para pencari kerja di Kota Dumai mengetahui adanya lowongan pekerja di PT ESM," pungkasnya. (rtc/DPR)

Whoops, looks like something went wrong.