Friday, 09 February 2018 | 09:39:46 WIB | 123 Pembaca

24 Walikota Hadiri Muskomwil I Apeksi 2018, Firdaus Jabat Ketua Komwil I Apeksi

advertorial

Foto: Seluruh Rangkaian Kegiatan yang Dilaksanakan dan Dihadiri 24 Walikota Se-Sumatera

Portalriau.com - PEKANBARU - Musyawarah Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Muskomwil I Apeksi) yang berlangsung 1-3 Februari 2018 di Kota Pekanbaru berjalan sukses. Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dan dihadiri 24 walikota se-Sumatera itu, terselenggara dengan baik hingga akhir kegiatan.

 

Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, merasa sangat bersyukur atas suksesnya seluruh kegiatan Apeksi yang dilaksanakan oleh tuan rumah, yakni Pemerintah Kota Pekanbaru. Firdaus juga berterima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat, baik dari sejumlah OPD maupun pihak lainnya yang sudah bertungkus lumus menyiapkan segalanya demi suksesnya kegiatan Apeksi 2018. "Alhamdulillah, pelaksanaan Apeksi selama 3 hari di kota kita berakhir sukses. Saya sebagai kepala daerah (Pekanbaru) mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini," ujar Firdaus.

 

 

Ketua Umum Apeksi, Hj Airin Rachmi Diany SH MH menyerahkan pataka kepada Ketua Apeksi Wilayah I terpilih Dr H Firdaus ST MT.

 

Dengan pelaksanaan Apeksi di Pekanbaru yang dihadiri 24 walikota se-Sumatera tersebut, Firdaus berharap mampu memberi semangat dan motivasi baru bagi kepala daerah lainnya dalam melaksanakan program pembangunan demi kemajuan daerah, serta jalannya roda pemerintahan yang baik dan berintegritas. Tak terkecuali seperti yang dipaparkan Pemerintah Kota Pekanbaru saat pembukaan Apeksi 2018. Firdaus menjelaskan tentang seluk beluk Kota Pekanbaru dalam membangun dan mewujudkan perkembangan sebuah kota, menuju kota pintar atau yang diberi nama "Pekanbaru Smart City Madani".

 

 

"Mewujudkan Smart City dalam sebuah perkembangan kota, diperlukan keseriusan untuk membangun masyarakat yang cerdas dan pemerintahan yang cerdas. Kepala daerahnya juga harus mampu berfikir jauh dan memandang dengan kacamata visioner, tentang peradaban apa yang ingin dibangunnya yang bermanfaat untuk seratus tahun ke depan," kata Firdaus.

 

Atas paparan Firdaus ini, banyak dari peserta yakni 24 walikota se -Sumatera memuji dan mengagumi kegigihan Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT dalam membangun sebuah perkembangan kota. Seperti yang diutarakan Ketua Umum Apeksi, Hj Airin Rachmi Diany SH MH saat meninjau Pekanbaru Command Center. Airin mengaku salut dengan keberhasilan Walikota Pekanbaru Firdaus dengan visi dan misi yang dimiliki, sehingga berhasil memimpin Kota Pekanbaru untuk dua periode.

 

"Pertama saya ucapkan selamat kepada Bapak Walikota Firdaus yang sudah dua kali periode berhasil membawa kemajuan dan perubahan di kota Pekanbaru. Saya salut, karena sudah dua kali kesini, banyak perubahan yang saya lihat dibanding kedatangan saya yang sebelum ini," kata Airin. Airin juga sempat berdecak kagum saat dibawa Walikota Pekanbaru, meninjau Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Persandian dan Statistik Kota Pekanbaru. Bersama rombongan 24 Walikota lainnya, Airin pun sempat dikenalkan tentang fungsi dari satu persatu perangkat yang ada di Pekanbaru Command Center.

 

"Saya salut dengan keberadaan Pekanbaru Command Center. Ini adalah prestasi dan karya anak bangsa yang berhasil mengembangkan informasi melalui IT. Saya suka dengan beberapa aplikasi yang ditampilkan, seperti aplikasi Sipadu dan monitoring soal pertanahan," ujarnya. Ketum Apeksi Nasional yang sekaligus menjabat Walikota Tangerang Selatan ini, juga terkesima dengan rencana Walikota Pekanbaru untuk memindahkan pusat pemerintahan kota ke daerah Tenayan Raya.

 

"Saat saya menanam pohon kemaren, saya melihat Bapak Firdaus ini sangat berhasil mewujudkan sebuah perkembangan kota, menuju sebuah peradaban baru. Jarang ditemui pada daerah-daerah lainnya, ada Kepala Daerah yang mampu membebaskan sebuah kawasan untuk dibangun sebuah pusat pemerintahan," kata Airin lagi.1517841150-Wartanesia-wako pekanbaru tanam pohon Menurutnya, untuk membebaskan sebuah lahan dalam ukuran yang signifikan, bukanlah perkara mudah dilakukan oleh pemerintah daerah. Apalagi, pelaksanaan proyek ini dinilai cepat dan memakan waktu yang tidak begitu lama, serta tanpa menemukan kendala apapun.

 

"Inilah prestasi yang sangat membanggakan dari Bapak Walikota Firdaus. Memindahkan pusat pemerintahan untuk membangun sebuah peradaban baru, bukanlah hal yang mudah. Apalagi membebaskan lahan yang luasnya sekitar 300 hektar ini," tambahnya. Sementara itu, Walikota Padang Drs Mahyeldi Ansharullah, juga mengagumi kepemimpinan Dr H Firdaus ST MT dalam membangun Kota Pekanbaru. Mahyeldi menilai apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru dengan memindahkan pusat pemerintahan ke wilayah yang baru sangatlah berani.

 

 

Walikota Padang Drs Mahyeldi Ansharullah

 

"Saya kagum dengan Bapak Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus. Beliau adalah sosok visioner yang saya nilai sangat berani. Rencananya untuk memindahkan pusat pemerintahan dalam sebuah kawasan baru, tentu memiliki resiko yang tinggi," kata Mahyeldi. Ketua Apeksi Wilayah I periode 2015-2018 itu memuji tentang program Smart City Madani lainnya yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota Pekanbaru. Seperti pengadaan kartu Smart madani, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW), Masjid Paripurna dan banyak program pintar lainnya, yang menurutnya patut dicontoh dan diterapkan pada daerah lain, terutama kepada peserta Apeksi Muskomwil I se Sumatera.

 

"Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Bapak Walikota Pekanbaru tentang program Smart City di acara pembukaan, adalah suatu hal yang menginspirasi. Beliau memiliki tekad kuat membangun pemerintahan yang cerdas, menjadikan masyarakat cerdas, untuk mencapai Pekanbaru Smart City yang saya lihat sudah di depan mata," ujar Mahyeldi. (Advertorial/Humas/DPR)